Friday, February 6, 2009

Kuis : Wawancara untuk Penulis

Ada kuis yang saya ambil dari forum tempat saya bernaung. Modal copy paste aja.
kuis ini dibuat oleh juliettehasagun, anak forum tersebut.


1. Sebagai penulis, kalau kamu hanya bisa digolongkan pada satu genre saja, genre apakah itu?
Romantic

2. Tapi sebenarnya kamu lebih suka menyebut dirimu sebagai penulis dengan genre.....
Romantic, drama, yang melow" dah


3.Lebih suka menulis apa: novel, cerpen, puisi atau non fiksi?
Novel, cerpen, non fiksi pun kadang suka. apapun asal nulis (selama nda pake tangan) aku masih suka

4. Mana yang lebih kamu sukai (dalam menulis): buku berseri tipis-tipis atau novel setebal 700 halaman?
hmmm, belom pernah nyoba yang sampe 700 hal, jadi mungkin yg tipis" aja deh ^^

5. Lebih suka ikut lomba atau mengirim karya langsung ke penerbit?
selama ini mau ikut lomba, tapi ide suka stuck, jadi mungkin lebih suka langsung ke penerbit (meski dua"nya juga nda pede)

6. Mana yang lebih baik: menjadi penulis dengan one hit wonder dan setelah itu menghilang atau penulis yang ketenarannya biasa-biasa aja, tapi menghasilkan banyak buku? NB: Jumlah pendapatannya sama aja.
hhm, aku mau dua"nya nda boleh? Grin
apa yah...mgkn aku milih yg biasa" aja, tapi terus berkarya kali..ketimbang one hit wonder

7.Kalau kamu bisa menyerap kemampuan penulis lain, kemampuan siapa yang bakal kamu serap?
aduh siapa ya....mungkin meg cabot atau JK rowling??? (nda bisa jawab deh rasaan)

8. Di antara semua buku yang ada, buku apa yang kamu harap kamu yang menulisnya?
Laskar Pelangi. Grin Grin Grin Grin

9. Mana yang lebih menakutkan: kehabisan ide atau naskah ditolak penerbit?
Kehabisan ide.

10.Mana yang lebih menarik bagimu: Jadi penulis bestseller atau penulis pemenang nobel?
Penulis bestseller dong... Grin Grin

12. Apa penghargaan tertinggi yang bisa diberikan dunia kepadamu (sebagai seorang penulis)? Uang? Menjadi Terkenal? atau apa?
Kalau ada pembaca yang bisa tersenyum saat menutup novel ku, dan sampai kapanpun kisah novel ku ada di ingatannya.

13.Di mana tempat kamu menemukan ide terbaikmu?
kamar mandi, jalanan, pas lagi nonton, dll...nda mutlak.

14. Kapan waktu terbaikmu untuk menulis?
di dalam kamar yang sepi, dengan 1 lagu yang terus berputar

15. Apa aja 'senjata' waktu menulis?
PC dan lagu. selama ini hanya perlu itu.

16. Apa yang kamu lakukan kalau mengalami writer's block?
tutup naskah, nonton, jalan", nda mikir soal ide, ngeluh ke sesama penulis.

17. Seorang produser film ingin membuat film dari novelmu, tapi pas kamu ngeliat naskahnya, beda banget dengan semangat novelmu. Tapi kamu tahu film ini akan bikin kamu terkenal. Terima tawaran itu atau tidak?
pertanyaan susah...telak aku...
tapi mungkin sih bakalan terima. tapi entahlah...

4 comments:

Ardhi said...

visiting you and give NICE $mile just for you, ditunggu balesannya yach :)

Eko NP Andi said...

...(selama ndak pake tangan)
- Lha terus mo nulis pke kaki jeng? hehehe...

Emang gak ada yg paling membahayakan selain kehabisan ide. Jgnkan bwt penulis terkenal, lha ak yg bljr nulis aj jungkir balik kok kl ide lg ngungsi ntah kemana itu...

Bagus temanya...

sleepyheaded nindya said...

udah baca surat cinta-nya yg kepeda cinta-gagas media.. keren!!

sleepyheaded nindya said...

udah baca srat cinta-nya yg di gagas media itu.. keren!!