Monday, January 23, 2012

Tahun Baru Cina, Tahun-nya si Naga

Setelah (katanya) postingan yang berat kemarin, sekarang saya hanya ingin membahas hal yang ringan kok, seringan kapas yang ditiup akan ikut melayang ke udara yang membimbingnya. Halah. Hahaha. Jadi, topik ringan kali ini adalah mengenai tahun baru Cina yang juga disebut Lunar Year.

Tenang, saya nggak berniat meramal mengenai tahun naga, atau membeberkan fengshui sepanjang tahun 2012 ini, atau apa pun yang berhubungan dengan aura-aura yang bahkan tak bisa saya raba. Saya cuma ingin mengucapkan selamat melangsungkan perayaan tahun baru yang memang hanya dirayakan oleh minoritas penduduk Indonesia. Saya sendiri terjebak dalam kata merayakan dan tidak. Dalam artian, tetap akan ada acara kumpul saudara, tetap akan ada pembagian jatah uang (lumayan untuk nambah penghasilan), dan tetap akan makan mie goreng (biasanya sih kalau bukan mie, pasti bakut). Tapi, secara makna perayaan yang sebenarnya, dengan ornamen-ornamen merah yang menghiasi sudut rumah, saya sama sekali tidak pernah melakukannya.

Bahkan kalau mau dipikir ulang, nyaris tak pernah ada penampakkan khusus untuk menyambut sebuah momen-momen yang muncul satu tahun sekali. Tidak juga untuk Natal--bahkan.

Pada hakekatnya, semua itu hanya seperti tradisi turun menurun yang dilakukan dalam keluarga saya. Tentu saja, tidak melakukannya sekali, akan membuat sesuatu terasa janggal.

Jadi, karena itu saya tetap ingin mengucapkan :
GONG XI FA CAI
Buat semua teman yang merayakannya, ya.

Semoga di tahun Naga ini, kita bisa mencapai mimpi-mimpi.

19 comments:

munir ardi said...

Apapun itu Imlek telah membuat kota kecil saya semarak mbak jadi senang rasanya bawa sikecil jalan-jalan lihat perayaannya, apa kabar mbak

ningsyafitri said...

Stiap perayaan sllu rs senang,,,
:)

kaubukansapi said...

Aku lagi berfikir dan menyambung2kan taun naga ini dengan isu 2012.. hahahaa :D
eh mbak, cek email :P

jiah al jafara said...

gong xi fa chai aja deh :-D

Aulawi Ahmad said...

kalau di bangka namanya Kongnyan, disna suasananya kayak lebaran, saling silaturahmi tanpa beda2in agamanya. btw met kongyan atau gong xi gonxi deh :)

Ninda Rahadi said...

eh kirain mau ngramal mbak :P

vie_three said...

aku datang minta angpao..... hahahahahay....

jhoni said...

jiaaahhhh...lupa dink kalo imlek!!!

gong xi...gongxi....

angpao buku deh hehehehehe ngarep!!!

baru belajar blogging said...

gong xi fat cai juga deh..

Adini said...

Imlek di kota kami tinggal banyak lampu lampian, itu yang bikin dini seneng

Dwiputri Panduwinata Harahap said...

xixixi,saia kira mau ngeramal peruntungan di tahun ini xdd...happy lunar year tante ^^

Sang Cerpenis bercerita said...

met imlek. iya semua hanya tradisi. tidak harus ikut merayakan sebenarnya. tapi kebiasaan aja

Una said...

Met imlekk...
Semoga kita beruntung di tahun naga air ini :D

vie_three said...

mbak, ada award buat blognya mbak clara yg kreatif ini dariku.

Mine and Me said...

met imlek...

aku minta angpao... hehehe

salam kenal..

obat herbal kanker prostat said...

mantap. artikelyg menarik dan berguna untuk disimak.

xamthone plus said...

wah,,jadi oot ane neh,,,, trims ya,,,

silviani said...

ikut menyimak aja gan

agus herbal said...

makasih gan