Monday, March 5, 2012

家政婦のミタ ~kaseifu no mita~


Salah satu drama Jepang yang mau saya review kali ini adalah "Kaseifu no Mita" yang artinya adalah pengurus rumah tangga bernama (keluarga) Mita. Menceritakan tentang sebuah keluarga yang baru saja kehilangan sosok Ibu untuk selama-lamanya. Ada empat anak dan seorang suami yang kesulitan untuk mengurus diri mereka karena terbiasa mengandalkan Ibu. Hingga akhirnya menyewa jasa seorang (semacam) pembantu rumah tangga--kalau boleh dibilang--melalui agen. Adegan pertama langsung dibuka oleh sosok Mita yang stand by di depan rumah keluarga Asuda. Begitu pukul tujuh pas, Mita-san langsung menekan bel dan memperkenalkan diri sebagai pengurus keluarga tersebut. Sampai di sini merasa tidak ada yang spesial? Tunggu dulu. Mita-san memang pengurus keluarga yang handal. Dia bisa membersihkan rumah dengan baik, menyiapkan sarapan yang enak-enak, tapi hati-hati memberi perintah kepadanya. Mita-san akan melakukan apa pun yang majikannya perintahkan. APA PUN. Termasuk jika majikannya menyuruh Mita-san untuk membunuh!

Semula, anak-anak Asuda tidak percaya sampai mereka membuktikannya sendiri dan mulai ketakutan dengan sosok dingin Mita-san. Dan, jika diperhatikan lebih jauh, Mita-san adalah sosok yang tidak punya ekspresi. Dia bahkan tidak pernah mencoba mengungkapkan apa yang ada di pikirannya. Tapi, semakin lama bersama Mita-san, anak-anak Asuda merasakan adanya sosok lembut di balik wajah baja Mita-san. Hingga mereka semua secara tulus ingin membantu Mita-san terlepas dari jerat masa lalunya yang menyebabkan sosok Mita-san berubah menjadi seperti robot itu. Terutama karena Mita-san telah membantu menyelesaikan intrik masalah dalam keluarga Asuda, tentu dengan caranya sendiri.

Sampai suatu ketika, anak bontot Asuda bernama, Kii, meminta Mita-san untuk menjadi Ibu mereka. Mita-san yang merasa masih berada di bawah 'bayaran' keluarga Asuda pun, menurut saja terhadap permintaan Kii.

Jadi, Mita-san benar-benar jadi Ibu mereka, kah?

Drama bersambung keluaran NTV (Kanto) dibintangi oleh salah satu artis yang punya bakat luar biasa, yang juga adalah istri dari Takashi Sorimachi (kalau yang nonton Onizuka, pasti tau cowok ini), yaitu Matsushima Nanako. Drama ini memiliki rating yang membuat saya tercengang, karena angkanya terus melonjak, hingga di akhir episode (ke-11), ratingnya mencapai 40%! Karenanya pun, drama ini telah menyabet penghargaan dalam banyak kategori di Television Drama Academy Award.

Saya memang mengakui kalau akting Matsushima Nanako sangat hebat. Dalam karakternya sebagai Mita-san, dia berhasil membuat sosok yang begitu dingin, tapi justru jauh di dalam dirinya dia sangat sangat rapuh. Sisi itu juga berhasil menyentuh saya. Drama ini memang punya alur cerita yang menarik, tipikal drama Jepang yang selalu punya "pesan" untuk penontonnya. Meski di satu sisi saya merasa ada sesuatu yang mengganjal. Maklum, di Indonesia apa sih istimewanya punya pembantu rumah tangga. Sudah banyak cerita mengenai majikan jatuh cinta pada pengurus rumah tangganya sendiri, bukan? Hehe, tapi Jepang tidak demikian. Punya pembantu itu seperti sesuatu yang mewah, katanya. Lagipula, ending drama ini tidak akan seperti yang Anda bayangkan, kok. Percaya deh.

Yang jelas, hal itu tidak menjadi masalah besar. Karena pada kenyataannya drama ini memang sukses.

24 comments:

Hanna Raito Izzachi said...

Whoaaa pengen banget nonton....

Syifa Azz said...

pengen nontoon ahh... nyari downloadan. hehehe

Nurmayanti Zain said...

review yang menarik~

obat herbal diabetes said...

woww ya nih jadi pengent nonton...

obat tradisional gagal ginjal said...

ya nehh jadi pengen banget nonton panasaran...

iwan said...

mungkin bayar pembantu dijepang mahal...hihi...
penasaran sama endingnya, bagaimana sosok Mita-san berubah?

Cara ampuh mengobati infeksi saluran kemih said...

wahh,, klo memang ada pembantu yang siap menerima apapun perintah majiakan termasukk membunuhh . waduhh sanagtt mengerikan ituu !! :)

Ninda Rahadi said...

aduh lagi2 belum pernah nonton

cara pemesanan jelly gamat luxor said...

kayanya seru nich film,, harus nonton dech pokoknya,,,

ace maxs said...

i like it,,, alur cerita yang sangat bagus,,,

xamthone plus said...

keren ..
menarik .. :D

outbound malang said...

batu adventure adalah provider outbound training malang, training outbound di malang, outbound malang,
http://outbounddimalang.com/

xamthone plus said...

salam kenal..

Anonymous said...

ok .. like jalan ceritanya ..:D

acepsuherman said...

menarik juga ceritanya meskipun aga gag ngerti bahasanya..

obat tradisional jantung koroner said...

jadi penasaran nih,,,

xamthone plus said...

kayanya seru nich film,, harus nonton dech pokoknya,,,

obat maag kronis alami said...

drama jepang emang ga kalah ama drama korea...

ace maxs said...

wah bener juga,. makasih informasi yang bermanfaat sob

obat herbal asma said...

nice info gan

cara mencegah asam urat said...

kunjungan siang

obat batu ginjal said...

cara sehat untuk berobat

obat tradisional kolesterol said...

keren

khairunnisa fitri said...

Uda nnton versi korea belum? Bgusan man? Ak bingung mw nnton yg mna,versi jepang ato korea?