Wednesday, July 7, 2010

Kafeinholic

Berapa kali Anda mengkonsumsi kafein dalam sehari? Seminggu? Atau sebulan?

Jujur, saya sangat sangat membutuhkan yang namanya kafein. Istilahnya tiada hari tanpa kafein. Hanya beberapa hari dalam seminggu yang saya paksakan untuk tidak mengkonsumsi senyawa alkolid xantina berbentuk kristal ini. Efeknya sungguh mengecewakan. Ketergantungan telah menggiring saya pada taraf 'harus memakai' dan jika tidak dampaknya adalah saya akan mengantuk lebih parah dibanding ketika tidak mengkonsumsi. Semuanya memecut saya untuk memberikan rasa terima kasih untuk Friedrich Ferdinand yang telah menemukan kafein ini.

Biasanya dalam satu hari saya akan meneguk sekaleng atau segelas kopi instant. Seperti sebuah undang-undang, hal meminum kopi rasanya sudah seperti aturan yang wajib dilakukan. Seperti orang yang membutuhkan koin lima ratus perak untuk bisa menggunakan fasilitas telepon umum. Selayaknya bayi mungil yang wajib mengisi perutnya dengan air susu dari sang Ibu. Kira-kira selebay itulah saya menggambarkannya. Bagi saya, minum kopi memang sudah keterbiasaan, yang jika absen dilakukan rasanya ada yang terlewatkan dalam hari itu.

Atau jika bukan kopi, kegemaran meminum teh juga membantu memperkaya kafein dalam tubuh saya. Es teh tawar atau teh hangat. Daun teh yang mengandung kafein dan menjadi bahan utama untuk membuat segelas minuman favorit saya itu, sama-sama memberikan sensasi berbeda ketika saya menikmatinya. Meski memiliki kasiat yang berbeda pada tubuh saya, tetapi keduanya memiliki senyawa kimia yang sama. Dengan zat psikoaktif yang ada, maka saya merasakan manfaat yang cukup besar. Paling tidak saya bisa lebih bersemangat dalam melalui satu hari penuh. Dan, bahkan bisa dari pagi ketemu subuh. Tanpa efek kepala pusing. Hanya badan sedikit pegal-pegal seperti nenek tua yang bisa hilang jika saya tidur dengan sebelumnya mengusapkan minyak angin pada tubuh.

Hari ini, entah salah satu keberhasilan yang lain atau tidak, tapi saya mampu menahan diri untuk tidak mengkonsumsi kopi. Oh, oke. Sebelum postingan ini ditulis, saya baru saja memesan es teh tawar sebagai teman makan malam (ayam bakar) saya di kantor. Tapi, tidak dengan kopi. Seharian ini tak satu teguk pun cairan coklat itu mengalir di tenggorokkan saya. Efeknya memang tak terlalu bagus. Saya diserang ngantuk yang cukup kuat selama seharian di kantor. Disamping mata yang lelah karena harus melakukan preview yang lebih banyak dari biasanya karena teman saya ijin tak masuk.

Mata saya lelah, meski sebenarnya tubuh saya tak begitu letih.
Dan, disela-sela semua itu, saya menyempatkan diri untuk posting.

37 comments:

isti said...

saya juga kefeinholic mba..rasanya tubuh ini lemas kalo ga minum kopi..atau hanya sugesti? entahlah..

Meutia Halida Khairani said...

wah saya tuh cinta mati sama teh.. sehari nggak minum teh berasa gimanaaa gitu. tapi saya membatasi diri utk gak terlalu banyak minum juga. 1x sehari aja cukup..

Agung Aritanto said...

kalo cowo ketagihan nikotin kalo mba ketagihan kafein wah unik neh saya aja walaupun senang minum kopi tapi ga sampe taraf kecanduan

berusaha ya mba biar ga kecanduan,saya doakan deh

Aulawi Ahmad said...

aku ngopi maks 2 gelas sehari, tak ngopi sehari serasa ada yg hilang hehehe...btw makan malam ayam bakar hmm awas nanti jadi ndut hihihi

Billy said...

sy juga suka teh dan kopi tp nggak berlebihan. musim piala dunia ini kopi berguna sbg teman begadang hehe...

munir ardi said...

kopi mah minuman aku pagi siang sore dan malam, wah parah ya,

siroel said...

aku jarang ngopi, abis suka mules klo abis ngopi...

om rame said...

kaLo saya minum kopi atau tidak enggak ngaruh, sudah ngantuk yah tetep aja harus tidur waLaupun baru aja minum kopi.

kunjungan perdana, sekaLian ijin menjadi foLLower di bLog ini. saLam kenaL.

inge / cyber dreamer said...

dulu aku juga sering banget ngopi, paling nggak sehari satu kali >.<
tapi akhirnya berkurang juga, sejak sakit T.T

albertus goentoer tjahjadi said...

kalo kopi aku nggak begitu suka mbak... minum kalo pas kepengen aja... tapi kalo teh... nah itu setiap hari... pagi dan sore... eh.. selamat ya mbak.. untuk keberhasilannya menahan diri tidak minum kopi... moga terus berlanjut...

windflowers said...

mmhh..aku minum kopi kl gi pengeeennnnn bnget...kopi hitam...! istilahnya, kl lg ada 'karuhun' lewat, baru aku minum kopi hehehe..have a great day...^_^

riesta said...

kalo kopi,,,aku jarag minum,,,cma kalopengen aja...
kalo teh,,bisa tiap pagi minum teh anget...
uda kebiasaan dari kecil kalo nggak nge-teh ada yg kurang...hehehe

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

wah kafein salah satu yang aku hindarin banget
aku ga suka ngopi T_____T pengalaman minum kopi jadi susah bobo

ieyaz said...

aku suka minum kopi mbak.. tp udah sedikit aku kurangin sih.. abis katanya kopi jelek buat daya ingat...

Zulfadhli's Family said...

Jangan berlebihan ngopi Jeng, ga baek untuk kesehatan. gw dulu ngopi, semenjak hamil ampe sekarang udah kaga lageee :-)

Gusti said...

klo di pikir2 bener jg yah.. dah ketergantungan juga nich, bangun pagi nge'teh.. abis makan siang, gara2 ngantuk terpaksa ngopi.. harus belajar mengurangi nich... ga mo ketergantungan..

andi and riesta said...

Jadi pengen ngopi..hehe

agoez said...

Hm.....Kalau Saya Sudah Adiktif terhadap Kafein. Bahkan dalam satu hari bisa sampai 5 atau 7 gelas perhari

catatan kecilku said...

Aku sih gak suka kopi.... :(

the others... said...

Thanks ya sharingnya... :D

Anggi Zahriyan said...

Cuma kalau mau berangkat kuliaj aja mbak ngopi. Maklum di jalan sering ngantuk bahkan ketiduran :D

Brian said...

hidup kopi , apalagi kalau jaman world cup seperti saat ini pas banget

mocca_chi said...

postingan pun ngefek dramatisir -__-"

dwi wahyu arif nugroho said...

oalah claraaa :D

senja said...

kafein kalo dikonsumsi sesuai aturan tidak apa clara,tapi kalo sudah berlebihan juga tidak baik hehe....

kalo saya wajib mengkonsumsi jus buah atau sayur,mngkn karena hpbi tapi karena haru :)

terima kasih untuk suportnya clara ^^
alhamdulilah saya sudah lebih baik sekarang...salam kasih

kebookyut said...

hikshiks.. komen keboo ternyata gagal masuk yg kmaren...
ayo hilangkan kebiasaan ngopi! katanya kafein bisa bikin cepet keriput lho.. gosip yg beredar di kalangan keboo-keboo girank, hehehe

Freya said...

tapi hati-hati loh jeng kebanyakan minun kafein jadi ngga bagus untuk otak dan kesehatan.

anyindia said...

sekarang lagi agak stop kafein hahahaaa

four dreams said...

SAYA JUGA !! hehe telat, ngopi bareng yuk mbak :)

bung becce said...

kalau saya ketagihan sama air putih mbak

rasanya nikmat sekali...apalgi pas lagi ngantuk berat.

kalau kopi setahu saya banyak manfaatnya daripada mudhoratnya mbak.

cHugy - gOgOg said...

postingan yang menarik....Kunjungan perdana di blog ini!!!

Good blog and good post.thanks

Divum Skincare Onlinestore said...

Salam kenal..mampir balik yaah

agoez said...

Mampir dan Membaca Tulisan ini sambil menikmati secangkir Kopi Ulee Kareng.

om rame said...

sambiL menikmati secangkir kopi instan pLus sepotong roti, mengunjungi sobat di akhir pekan ini.
seLamat berakhir pekan, saLam sehat seLaLu.

Laksamana Embun said...

Ternyata cewe juga ketaguahan kafein, kpan2 kita minum bareng ya mbak :)

Elsa said...

aku sih teh addict
bukan kopi addict

es teh manis yang dingiiiiiiiin
siang siang, enaaaaaaaaaaaaak

Baby Dija said...

Dija belom pernah minum teh...