Wednesday, August 18, 2010

RUMPI

Sore-sore, sambil minum teh dan makan sepiring kue, akan lebih afdol dan mengasyikkan bila dilakukan bersama teman-teman satu genk dan sambil merumpi. Biasanya cewek-cewek nggak pernah ketinggalan momen seru seperti ini, atau sebisa mungkin nggak melewatkannya karena akan banyak "informasi" yang bisa didapat dari sana. Dan karena begitu banyaknya "informasi" yang bisa diperoleh dari hasil merumpi itu, makanya kita perlu melakukan filterisasi terhadap apa yang menjadi topik dalam perbincangan tersebut.

Sayangnya kebanyakan orang (terutama tetangga dekat rumah saya) menggunakan kesempatan kumpul-kumpul itu sebagai wadah untuk saling bertukar info tentang kejelekkan atau sesuatu hal dari orang lain yang tampak negatif namun belum 100% terbukti kebenarannya aka GOSIP! Ya, mereka suka sekali bergosip ria. Yang namanya siang hari, bisa mereka gunakan untuk saling berkunjung ke rumah-rumah hanya untuk berceloteh tentang hal yang mereka sendiri tidak pernah tahu yang sesungguhnya. Setelah puas, barulah mereka kembali ke rumah masing-masing untuk meneruskan pekerjaan rumah tangganya.

Sebenarnya untuk apa, sih, mereka ngomongin hal-hal buruk tentang orang? Kenapa, sih, mereka kepo sekali dengan urusan orang lain?

Daripada mengurusi masalah orang lain yang Anda belum tentu paham benar, alangkah baiknya jika Anda mulai membenahi diri sendiri. Lihatlah, apakah Anda sudah menjadi orang yang paling benar? Buat saya membicarakan orang lain bukanlah suatu masalah besar, dengan catatan ada batasan-batasan tersendiri pada pendapat secara subjektif supaya tidak menjurus ke arah yang negatif. Toh, siapa sih yang nggak mau dibicarakan mengenai kesuksesan karirnya? Atau mungkin dibicarakan oleh banyak orang karena kebaikan hatinya?

Yang jelas, di bulan puasa ini, yuk saling mengingatkan sesama untuk membatasi membicarakan kejelekkan orang. Hidup manusia dan mata uang adalah sama, dua sisi. Ada baik dan buruk. Jadi, sebelum Anda dibicarakan, lebih baik jangan membicarakan orang lain.


= tulisan ini dibuat untuk Anda semua dan juga saya =

26 comments:

agoez said...

Ku Amankan yang Pertamaxx Clar :)

siroel said...

keduaxxxxxx.....

ayuukkk saling mengingatkan...

"clara, jangan suka ngegosip ya???"
hihihi...

riesta said...

walah2.....
emang paling enak ngegosip sambil minum kopi...hahahahaha...

nggak boleh dink,,,ngegosip itu gak baik...
^^

-Gek- said...

hehhee.. bener tuh Clar.. :)
Kenapa ya, ngegosip itu selalu menjelekkan orang lain?
Bisa kok bergosip somethin positif about someone..
:)

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

setujuh gak baik ngomongin kejelekan orang

ups tp kadang ak jg gtu
tp biasanya ak cm jadi bahan sharing aja :p

ayumi said...

Setuju ^_^

dwi wahyu arif nugroho said...

ngrumpi yo clar.. :D

windflowers said...

yup..bener cla..mending ngebahas yg penting2 demi kemajuan bersama...jd lebih berkualitas gitu...masih bnyk koq yg harus dilakukan, hal2 yg lebih penting drpd sekedar ngomongin kejelekan orang lain..

Fanda said...

Setuju 1000%. Gosip jelas ga ada gunanya, hanya menambah dosa aja. Tak ada yg bisa menghapus kebiasaan itu jika kita tak mau berubah.

ieyaz said...

setujuuuu mbak...

paling males klo denger orang pada ngomongin kejelekan orang lain..
kaya dirinya sempurna aja...

Aulawi Ahmad said...

dikantor juga bisa jadi tempat nggosip paling asik hehehe...btw tq dah saling mengingatkan :)

Agung Aritanto said...

isi ngerumpi biasanya cuma ghibah atau fitnah jadinya kurang bagus,namun banyak lo peminatnya mungkin termasuk saya.

tapi ngerumpi yang bagus seh ngerumpi,alias membicarakan yang baik-baik atau bertukar informasi laaah

seeep neh postingannya

ra kun said...

blog walking sambil nunggu buka puasa :)

Ellious Grinsant said...

Setuju-setuju... malesin banget kalo ngomongin kejelekan orang lain mulu...

tapi setau gua kalo cewek-cewek ngumpulkan yang dibahas GUA melulu atauuuu minimal cowok lah. Tapi sering gua, wuakakakak...

Laksamana Embun said...

Setuju dgn argumen mbak clara, membicarakan aib orang itu sesuatu yang ga baik.. dan saya g suka..

catatan kecilku said...

Jadi, sebelum Anda dibicarakan, lebih baik jangan membicarakan orang lain. ---> mantap banget nih..!

the others said...

Iya nih... gosip sangat mudah masuk dalam setiap pembicaraan... :(

abeng beng /arjopedal said...

kenapa dan kenapa orang demen baget ngegosip ngegosip

miwwa said...

nggosip rasanya udah jadi kebutuhan dasar cewek deh clara. :/
tapi mari kita berusaha untuk mengurangi intensitasnya. ya? :))

BABY DIJA said...

ajakannya bagus banget Tante...

Elsa said...

yup, yuk mari membatasi diri menggunjingkan kejelekan orang lain...

Zulfadhli's Family said...

Setubuh [isan Mba, ga ada gunanya ngumpul2 buat membicarakan orang lain. Apalagi yang dibicarakan belum tentu benar adanya. Semoga kita bisa menjaga lidah dengan sebaik mungkin :-)

rosanakmami said...

setujuuuuu
daripada ngegosipin orang2 mendingan ngaca dulu yaaa... ;)

selamat hari jumat, clara
semoga hari ini menyenangkan :D

HAPPY WEEKEND!

ra kun said...

weleh..
have a nice weekend :)

de javu said...

update euy :)

pratiwi hape said...

wah...memang salah satu dosa yang dianggap biasa adalah "ngerasani orang" ...hhehehe