Thursday, May 31, 2012

Keputusan

Sebenarnya, saya tidak pernah menyangka kalau saya bisa menginjakkan kaki di Jepang. Saya sempat mendapat larangan dari orangtua, berhubung Jepang dan Indonesia harus ditempuh dalam 7 jam pesawat (ditambah 4 jam dari kota saya tinggal, Ueda ke Narita). Pun, harus menggunakan pesawat. Mahal. Tapi, nyatanya, disinilah saya berada. Ueda shi.

Awal mula hanya berpikir bahwa saya harus merubah nasib dan masa depan saya. Apa hal lain yang bisa saya lakukan? Apa hal lain yang masih bisa dikejar mumpung usia saya masih segini? Apa hal lain yang saya ingin lakukan tapi belum datang waktunya? Jawabannya tak ada yang lain, hanya Jepang. Berbekal studi Bahasa Jepang, saya pun nekad harus merasakan hidup di Negara tersebut. Saya ambil semua resiko, dan terbang ke Negri Sakura. Dengan satu bekal, yaitu bisa menggapai mimpi yang lain di sini.

Keputusan ini adalah keputusan yang sulit. Setidaknya bagi saya. Karena ini bukan perjalanan wisata 1 - 2 minggu, atau short term course 3 - 6 bulan. Tapi, ini lebih dari itu.

Tak sedikit orang yang khawatir. Baik orangtua, juga teman-teman. Apalagi mereka tahu benar bagaimana karakter otak saya yang punya level rendah ini. Mereka pikir, Jepang adalah negara yang keras. Setidaknya untuk karakter seperti saya. Tapi, jika saya mundur, karakter saya pun tidak akan berubah, bukan? Mimpi saya pun tidak akan bisa tercapai, bukan? Jadi, sekali lagi modal nekad pun menjadi dorongan kuat untuk tetap maju.

Ada saja pertanyaan yang tersalip di kepala, apakah saya melarikan diri? Seperti yang dilakukan salah satu teman asrama saya (dia dari Mexico dan akhirnya hanya bertahan selama 2 bulan di sini. Setelah menyadari sikapnya, dia pun memutuskan pulang). Pertanyaan semacam itu belum benar-benar bisa saya jawab dengan jelas. Kepenatan selama di Jakarta, dengan segala hiruk pikuk dan karakter manusianya, membuat saya seperti dikekang oleh tali yang kuat. Dalam hal ini, saya rasa biar waktu yang menjawab. Saya baru satu bulan di sini.

Tapi, yang jelas, saya bahagia. Sedikit demi sedikit menapaki hal baru untuk mengejar impian lain. Perlahan-lahan, saya berharap semua itu bisa saya raih, kelak.

Bagaimana pun, yang bisa saya lakukan sekarang hanyalah berusaha.
Berusaha belajar giat, berusaha bekerja dengan baik, dan berusaha menjaga sikap.

Kelak, kita tidak pernah tau apa yang akan kita capai, jika kita tidak mencobanya sekarang.



長野県上田市中央3丁目

89 comments:

windflowers said...

jd clara tinggal di jepang bwt bekerja ya?

Syifa Azz said...

kak clara... miss uuu :* :')

Aulawi Ahmad said...

jadi terharu baca tulisanmu ini...
kuncinya satu yaitu selalu berpegang pada apa yg kamu yakini hingga bisa melangkah ketempat yg kmu idamkan itu :)
n moga tercapai apa yg dicitakan ya...amiin

Ita said...

Hebat. Memutuskan jauh dari keluarga. Berusaha mencapai impian.
Indahnyaaa..

obat tradisional kanker darah said...

setuju sama komen yang di atas,,,

hebat,,,

Dwiputri Panduwinata Harahap said...

wuiiiih,tante clara udah di Jepang...?envyyy tanteeeee ~gigit bantal~

berjuang yah tan,semoga impianny tercapai :,you can do it,im sure

btw,titip oleh2 yah~~~baik kalau ada mauny,nyahahah~~~

cara pemesanan jelly gamat luxor said...

menyentuh banget kisahnya.. makasih ya

obat kanker payudara herbal said...

infonya sangat membantu sekali

IrmaSenja said...

Waw,...clara dijepang ?
untuk menetap?

apapun keputusan yg sudah dibuat pasti sudah difikirkan dgn matang. sukses ya clara... teruslah menulis di blog ini spy kami disini tau mengenai kabarmu disana :)

obat stroke tradisional said...

Titi dije ya cantik... :D

obat kanker kelenjar getah bening herbal said...

aku juga ingin ke jepang tuh
negeri sakura...

Anonymous said...

selamat berjuang ya kawanku...
jangan sia siakan kesempatan ini..

Gamat Luxor said...

setiap manusia mempunyai jalan nya sendiri dan jangan sia siakan jalan yang sudah ditempuh..
sukses ya..

Pengobatan Asam Urat Alami said...

saya jadi inget kata mutiara " carilah ilmu sampai ke negeri china "
semoga sukses

RIAN Ra-kun said...

semoga semuanya baik-baik saja di Jepang, dan semoga sukses.
jangan lupa perbanyak minum air putih :D

Pengobatan Kanker Payudara said...

bener banget tidak ada batasan manusia untuk berkembang ke arah yang lebih baik

Fhyerra's day said...

KUNJUNGAN PERTAMA

SALAM KENAL KAKAK CLARA

Pengobatan Kanker Payudara said...

aku hargai keputusanmu kawan

obat jantung said...

hatur nuhuun poisan gan infona

cara menyembuhkan stroke said...

luar biasa sekali kawan
thank you yah ..

obat kelenjar getah bening said...

itu lebih baik gan ,,, jangan buang kesempatan,,,

obat vertigo herbal said...

sungguh luar biasa sekali, postingnnya

Trica Jus said...

berbagi kata kata indah gan,
Orang yang gagal selalu mencari jalan untuk menghindari kesulitan, sementara orang yang sukses selalu menerjang kesulitan untuk menggapai kesuksesan.
semoga bermanfaat dan dapat di terima yah :D , salam kenal dan sukses selalu ya :D

Ninda Rahadi said...

mbak kuya keyen banget deh
tapi aku ke jakarta kok kau malah kabuuuuuurrrr ah jahat jahat

Obat Infeksi Saluran Kemih said...

wah orang lain hebat hebat yah komentarnya .. apalagi trica jus
mantap tenan

obat herbal tuberkulosis said...

wah asik tuh bisa ke jepang.......

Trica Jus said...

Berbagi kata-kata motivasi gan
Senyumlah, tinggalkan sedihmu. Bahagialah, lupakan takutmu. Sakit yg kamu rasa, tak setara dengan bahagia yg akan kamu dapat.
Air mata tak selalu menunjukkan kesedihan, terkadang karena kita tertawa bahagia bersama sahabat terbaik kita.
semoga bermanfaat dan dapat di terima ya, salam kenal sukses selalu dan ku tunggu kunjungan baliknya ya :D

cara mengobati penyakit lupus said...

mantap

obat herbal sinusitis said...

sukses ya.... :D

obat herbal maag said...

hebat banget bisa pergi ke jpang..

obat vertigo herbal said...

keputusan yang luar biasa

obat insomnia said...

izin berbagi kata-kata motivasi gan
Kesalahan yang pernah kamu alami akan membuat mu tumbuh lebih Dewasa
Berbuatlah lebih baik dari kesalahan yang pernah kau buat
terimakasih

pengobatan penyakit vertigo said...

izin berbagi kata kata motivasi yah...
Dalam hidup, kamu harus menyadari, kadang orang yg paling kamu inginkan, adalah orang yg buat hidupmu lebih baik jika tanpanya
semoga bermanfaat !!

obat herbal sakit pinggang said...

makasih banyak atas semua info nya gan,,,,,,,,,

deadyrizky said...

hah? jepangg? *gaya afika*
nitip AKB48 satu yaaa
lho?
hehehe

Cara Pemesanan Jelly Gamat Luxor said...

you can do it :)

miwwa said...

CLARA SEKARANG DI JEPANG??? SO COOOL!!! Jepang itu tempat impian ku huhu~ Pengen banget bisa menginjakkan kaki di sana. Btw, Clasa-san di sana dalam rangka apa? Melanjutkan studi kah? I wish u reply this comment. >,< Onegaeshimasu, Clara-san~ >,<

obat kanker usus said...

udah lama gag blog walking ! izin berbagi kata motivasi yah .
Sukses tak akan datang bagi mereka yg hanya menunggu tak berbuat apa-apa, tapi bagi mereka yg selalu berusaha wujudkan mimpinya
semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

Freya Lenneth said...

waow... sudah lama ane ngga ke sini. Ngga nyangka si kelara udah di Jepang, oiy. Wah kalo ane kunjungan ke Jepang, ane ditampung yah, kelar hehehe. Pleaseeeeeeeeeeee >_____<

obat jantung koroner said...

hmm,,, semoga keputusan tepat,,, sukses ya di negeri orang,,, jangan lupa bloging terus,,,

obat darah tinggi said...

mudah-mudahan keputusan itu tepat ya gan ..

obat kanker kelenjar getah bening herbal said...

aku ada kata kata motivasi niyh ..
Masalah adalah ujian pendewasaan. Jadi tidak ada alasan menyalahkan orang lain. Benahi diri sendiri dan jadi pribadi yg dewasa.
saling berbagi aja terimakasih semoga bermanfaat dan tetap semangat

obat alami kanker kelenjar getah bening said...

ke jepang ? kapan ya saya bisa pergi ke negeri sakura itu .. :)

obat penyakit liver said...

“Saya memiliki tiga harta. Jaga dan peliharalah: cinta yang dalam, kesederhanaan, ketidakberanian memenangkan dunia. Dengan cinta yang dalam, seseorang akan jadi pemberani. Dengan kesederhanaan, seseorang akan menjadi dermawan. Dengan ketidakberanian memenangkan dunia, seseorang akan menjadi pemimpin dunia” (Lao-tzu, Filsuf China)

pengobatan penyakit kanker payudara said...

wah ,, hbat banget gan ,, berani pergi k tempat yang jauh bwt ngejar impiannya.. kalau saya sh gak bs jauh dari ortu .. hbat .. :)

Pengobatan Kanker Serviks said...

Mungkin Tuhan sengaja memberi kita berjumpa dengan orang yang salah sebelum menemui insan yang betul supaya apabila kita akhirnya menemui insan yang betul, kita akan tahu bagaimana untuk bersyukur dengan pemberian dan hikmah di balik pemberian tersebut.

obat glaukoma alami said...

Sukses tak akan datang bagi mereka yg hanya menunggu tak berbuat apa-apa, tapi bagi mereka yg selalu berusaha wujudkan mimpinya

Obat Infeksi Saluran Kemih Herbal said...

Lebih mudah untuk melawan ribuan orang bersenjata lengkap dibandingkan melawan kesombongan diri sendiri.

Obat Gondok said...

Hal tersulit dalam kehidupan ini bukanlah untuk melampaui orang lain, tetapi melampaui ego dan diri kita sendiri.

Audrey Subrata said...

wah di jepang kak? gimana rasanya kak? kayaknya kalo aku yang tinggal di jepang bakalan minta balik ke indo, disiplin bangettttt sementara aku malah doyan ngelindur di kasur tiap hari.

salam kenal ya.

pengobatan penyakit kanker payudara said...

di jepang ?? hbat kak, kapan ya saya bisa ke negeri sakura itu ..???

Obat tbc herbal said...

kunjungan pertamax neh gan,,, makasih utk info nya

pengobatan penyakit kanker payudara said...

Hidup ini seperti piano.Berwarna putih dan hitam. Namun,ketika Tuhan yang memainkannya,Semuanya menjadi indah.

obat alami kanker darah said...

ke jepang ?? kapan saya bs k sna ??
hbat km gan ..

obat keputihan said...

Yang kemarin, hanya ada dalam ingatan. Untuk besok, hanya kamu yang mampu dengan harapan. Yang sekarang, ini adalah yang sebenarnya. Dimana kamu harus terima, dengan penuh kesadarannya. Siapa sekarang yang tidak ingin membuka mata, besokpun akan tetap buta.

pengobatan penyakit kanker payudara said...

hbat ya kakak bisa pergi ke jepang .. ceritain pengalamannya donk kak,,

obat penyakit gula darah said...

Jangan pernah menyerah! Jika Tuhan belum menjawab doamu, itu karena Tuhan punya rencana yg lebih baik tuk hidupmu.

Obat Jantung Koroner Herbal said...

Tak peduli seburuk apapun masa lalumu, cintai dirimu. Hari ini kamu bisa memulai yg baru. Beri yg terbaik tuk masa depanmu.

Obat Kanker Kelenjar Getah Bening Herbal said...

Ketika masalah datang, selesaikan dng cepat sebelum menjadi lbh buruk atau kekhawatiranmu membuatnya makin rumit.

Obat jantung koroner said...

Sahabat adalah mereka yg membantumu bangkit tuk percaya diri, ketika orang lain berusaha menjatuhkan dan meremehkanmu.

obat kanker rahim said...

Percayalah pd dirimu lbh dr kau mempercayai org lain. Percayalah pd Tuhan lbh dr kau mempercayai dirimu sendiri.

Cara menjadi agen xamthone plus said...

mantap gan artikel nya sangat bagus dan sangta menarik nie ,,,,,,,,,,,

Obat tradisional ambeien said...

cinta adalah anugrah yang harus di jaga ,,,
sama cinta ku saling sapa menyapa di blog blog anda dan aku berkata salam kenal aja gan dan makasih atas semua ianfo nya ,

ini lah cinta silaturahmi ,,,

AstyNNS said...

Mau dong dibagiin cerita+foto2 tentang jepang, kayaknya seru :D

obat hipertensi said...

Jangan melihat masa lalu lebih baik dari saat ini, karena hanya buatmu sulit temukan bahagia tuk dirimu sendiri. Just Be Happy!

obat alami jantung bengkak said...

Maafkan kesalahan masa lalu, jangan sesali. Kemudian tegaslah membebaskan diri untuk hidup seutuhnya sekarang, dan dimasa depan.

obat herbal untuk menurunkan trigliserida said...

maksih banyak atas s emua info nya gan,,,,,,,,,

cara mengobati penyakit stroke said...

terimakasih atas pengalamannya.
semoga sukses yah

cara mengobati penyakit jantung said...

pengen rasanya liburan ke luar negeri
soalnya aku suka sekali negera luar
kayaknya keren lagi
kalo gak keluar negeri ke bali juga boleh

Obat Alami Alzheimer said...

ranca bana.. keputusannnya keluar negeri yah...

Elsa said...

salut buat Clara yang "BERANI" melepaskan diri dari zona nyaman dan hijrah ke Jepang!!!

semangaaatttt

Obat herbal kanker serviks said...

makasih ni infonya

cara mengobati penyakit kelenjar getah bening said...

mantap nie gan postingan nya sangat bagus ,,,,,,,,,

obat herbal kanker payudara said...

batul sekali tugas kita adalah untuk berusaha bukan untuk berhasil

obat kista tradisional said...

keputusan yang sangat luar biasa sekali

pengobatan tradisional gondok said...

emang sdikit susah klo memilih untuk mengambil keputusan itu ,, :(

agenacemaxmedan said...

kedewasaan itu.........gimana kita bisa ambil keputusan yang tepat dalam hidup

obat alami tumor lambung said...

ambilah keputusan yang baik

jevi said...

go for it clar :D,, ganbare! kimi wa dekiru yo! sore wa touzen no koto da, yume o jitsugenshite, ore wa itsumo ouensurukara :D

obat alami darah tinggi said...

ok gan artikelnya

obat alami persendian said...

lanjut gan

Cara Menyembuhkan Penyakit Asma said...

salam kenal mbak...

obat tradisional kanker prostat said...

di tunggu berita lainnya gan

obat kanker prostat herbal said...

kunjungan baliknya gan

Obat Kuat Pria said...

artikel yang menarik..sukses kawan

obat herbal darah tinggi said...

makasih gan

dwie okta futatabi said...

uaaaa hebat kak, saya juga punya impian pergi ke jepang . entah belajar atau bekerja... uuu jadi iri nih hehehe semangattt u,u .. salam kenal yaa :)

dimaz nugraha said...

keputusan tersulit yang harus aku perbuat adalah, ketika aku terlalu lelah untuk bertahan dan terlalu sakit bila harus melepaskan.

itu cinta sejati ya..!! haha

obat alami pereda sakit pingggang said...

makasih banyak gan