Thursday, October 7, 2010

Jakarta - Japan Matsuri 2010

Sekali lagi, sebuah event besar dalam rangka menjalin hubungan persahabatan antara Jakarta (Indonesia) dengan negara matahari terbit--Jepang, kembali terlaksana di tahun 2010 ini. Acara yang lebih dikenal dengan nama Jakarta Japan Matsuri ini kembali menarik perhatian para pecinta Jepang sekaligus memuaskan hasrat para pecinta Jepang akan kebudayaan dari Negara tersebut.

Sayangnya, saya sendiri justru tidak benar-benar mengikuti seluruh rangkaian acara yang diadakan sejak tanggal 23 September 2010 hingga 3 Oktober 2010. Mulai dari upacara pembukaannya yang diadakan di Hotel Nikko hingga penutupan yang diselenggarakan di Monas. Sebenarnya, niatan ke Monas sudah ada. Saya juga pernah mampir ke acara yang sama sekitar setahun lalu. Dan, berharap memang bisa mampir lagi di tahun ini. Tapi, sayang dalam perjalanan hujan lebat mengguyur, sehingga saya memutuskan untuk stay di Grand Indonesia dengan mengiktui hari terakhir dari Pekan Animasi yang juga merupakan bagian dari acara Jakarta Japan Matsuri itu sendiri.

Rangkaian Pekan Animasi ini bertempat di Blitz Megaplex GI. Panitia menyediakan tiga macam film yang bisa dinikmati para pecinta anime, yaitu : Doraemon, 5 cm Per Second, dan The Promises Land (yang ini judulnya tak terlalu yakin). Untuk Doraemon, penonton tidak perlu membayar tiket alias free, sementara untuk dua film yang lain, penonton diwajibkan membayar tiket sebesar Rp 30.000 saja. Dan, saya sendiri memilih 5 cm Per Second sebagai tontonan di hari Minggu itu.

Kisahnya terbagi menjadi 3 bagian dan masing-masing saling berkaitan. Namun, secara inti besarnya 5 cm Per Second menceritakan tentang dua orang sahabat, Akari dan Takaki yang sudah bersahabat sejak kecil dan saling jatuh cinta tapi takdir tidak membiarkan mereka bersama-sama.

Saya pribadi sangat senang dengan adanya acara Pekan Animasi semacam ini. Kapan lagi bisa menonton anime di bioskop dengan suasana yang jauh berbeda jika menontonnya dari DVD atau VCD. Sebagai salah satu masyarakat Jakarta yang juga menyukai kebudayaan Jepang, saya sangat berharap acara semacam ini akan bisa diadakan lagi di lain waktu. Dengan anime yang lebih banyak lagi pilihan, tentunya.

Hiks, sayang Jakarta turun hujan angin kemarin minggu. Kalau tidak, saya kan bisa datang ke Monas dan menyaksikan bon odori serta berbagai macam budaya lain dan tak lupa membeli makanan di stand-stand makanan Jepang T____T

NOTE : http://www.id.emb-japan.go.jp/matsuri/acara_id.html

9 comments:

inge / cyber dreamer said...

wah udah abis yah... kaya'nya keren tuch >.<

Jazz Muhammad said...

teteeh, apa kabar? hehe sok kenal ya...

oya aku kemarin ingin liat... tapi hujannn dan tugas kuliah benar2 bikin crazyyy!

oya, btw kemarin aku Lebaran, aku ucapin mohon maaf lahir batin ya.... hehe meski telat..

oke2 makasih2

eka lianawati said...

hahaha....sama, gue juga mau dateng ke monas hari minggu itu, tapi gara2 hujan malah terjebak di halte busway dan akhirnya lanjut ke mall terdekat.
btw, lama nggak ke sini, tampilannya udah ganti ni....foto2 bintang korea-nya dikemanain..?? hehehhe

Aulawi Ahmad said...

cuma di jkt ya hmmmm, kapan acara begituan diadain di plembang hehe

Ina said...

I wish I was there. How I miss Japan...

alfi said...

yg sbar mbak,
mungkin blom rejeki kale mbak..

jhoni said...

sigh............kok gak diadakan di Bali ya?!?!?!!?..........ususllllll!!!!

Kholil Aziz said...

saat aku baca ini artikel pada pragraf pertama aja ingatanku langsung tertujua pada film "Naga Bonar Jadi 2" besutan sutradara kawakan Dedi Mizwar.
persahabatan antar bangsa itu penting, tapi tetap aja Jepang pernah menjajah Indonesia dan meninggalkan air mata darah yang tak terlupakan.

Freya said...

yaelah loooo. Kok ga ngajak2 sih klar? Kalo ada acara ginian ajakin ane dong hehehe