Monday, November 8, 2010

Dilarang Menyetir Ketika Ngantuk

Poppy Bunga kecelakaan!
Mobilnya nabrak pohon karena menyetir dalam keadaan mengantuk.

Hmm..., ini bukan postingan tentang gosip. Meski beritanya saya comot dari infotainment, tapi saya tidak ingin membahas soal gosipnya. Saya hanya ingin membahas soal menyetir mobil. Tentunya menyetir mobil yang aman dan nyaman.

Sebagai salah satu cewek yang juga bepergian mengandalkan si pingky cantik nan jelita, Karimun Estillo, saya tau benar gimana capeknya mengendarai mobil. Kebetulan mobil saya nggak matic dan saya juga nggak mau matic. Apalagi kalau menghadapi kemacetan yang memang sudah langganan di Jakarta. Jangan ditanya capeknya. Pengin nangis uring-uringan dan segera berniat punya sopir. Tapi, langsung waras begitu inget kondisi keuangan. Untunglah saat ini jam kerja saya berlawanan dengan kehidupan normal. Jadi, saya masih bisa terhindar dari yang namanya MACET.

Tapi, pulang tengah malam yang sudah menjadi langganan bagi saya ini, tentunya cukup membuat beberapa teman bertanya-tanya khawatir.

Cewek? Pulang sendiri jam 11 atau 12? Nggak ngantuk? Nggak takut?

Pertanyaan itu seperti sudah biasa dan cuma saya tepis dengan tawa. "Udah biasa...."

Awalnya, jelas saya takut, ngeri, was-was, obsesi, hot, insert, silet, ... (mulai ngawur). Tapi, rutinitas yang sama dan tidak bisa saya ganti itu akhirnya menumbuhkan rasa berani dalam diri saya. Sekarang, saya sudah tidak takut lagi kalau harus pulang jam segitu. Hanya saja terkadang saya sulit menghilangkan kantuk yang menyerang. Sehingga beberapa tips pun akhirnya berhasil saya terapkan demi mengusir paksa si kantuk ini.

1. Cekoki diri Anda dengan sebotol kopi.
Suka tidak suka, paksa diri Anda minum kopi. Seperti waktu bayi, ketika Anda sulit minum obat, orangtua Anda dengan terpaksa akan mencekoki Anda dengan obat itu. Yang penting mata bisa melek selama jam menyetir. Korbankan indera perasa Anda demi keselamatan.

2. Pasang lagu up beat tempo and do dance.
Cara ini biasanya cukup berhasil. Lagu apa saja yang Anda sukai. Asal bertempo cepat, putarlah di tape mobil Anda. Semisalnya Keong Racun atau Cinta Satu Malam. Bolehlah~ Apa pun! Dan jangan lupa latihlah gerakannya terlebih dahulu di rumah, sehingga ketika di dalam mobil dan Anda mulai diserang kantuk, Anda bisa langsung mempraktekkan gerakan tari dari lagu tersebut di dalam mobil. Nyetir sambil joget? Siapa takut?! Paling cuma diplototin sama orang yang melihat Anda.

3. Nyanyi!
Wow, ini tips paling mujarab. Nyanyi. Pasang Keong Racun. Joget. Lalu keluarkan suara Anda sampai otot-otot lehernya terlihat seperti orang ngotot. Nyanyi sekenceng-kencengnya. Teriak sekeras-kerasnya. Pakai perasaan dan anggap Anda seperti sedang melakukan mobile concert. Jurinya adalah orang yang melirik Anda dari balik kaca.

4. Makan.
Ngemil itu bukan lagi pasangan dalam nonton film. Ngemil sudah mulai selingkuh menjadi pasangan orang menyetir. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa kantuk yang ada. Sediakan cemilan di kursi sebelah (kalau kosong, kalau ada orangnya, suruh pegangin aja. atau suapin biar lebih mesra). Dan, ketika mulai ngantuk, ambil cemilan dengan meraupnya pakai tangan lalu masukan semuanya ke mulut. Kunyah pelan-pelan.

5. Minum.
Selama bukan minum minuman keras, silahkan saja. Bukan apa-apa, soalnya sudah ada aturan : Don`t Drive Drunk! Ini larangan keras. Sekeras minumannya. Jadi, jangan melanggar. Lebih baik minum kopi daripada minum yang lain.

Baiklah. Kira-kira begitulah tips dari saya bagi kaum-kaum penyetir. Semuanya sudah lolos quality controlnya oleh saya sendiri. Serius. Saya melakukan lima hal di atas kalau ngantuk pas lagi nyetir. Hanya saja ada hal yang belum pernah saya coba padahal ingin sekali mencobanya. Yaitu : Tidur.

Yang satu ini belum saya lakukan. Saya belum menemukan cara untuk tidur sambil nyetir.

Selamat mencoba dan tetap hati-hati pada sekeliling Anda!
Drive savely guys!

25 comments:

Senja said...

selamat pagi,....hemmm jam 11 dan 12 malam memang sdh tidak macet,tp hati-hati ya clara....seremnya ya kejahatan dijalan raya itu :)

IbuDini said...

selamat pagi...wahh mengerikan juga ya musti pulang diatas jam 11 malam..
yang penting berhati2 aja ya kalau bawa mobilnya, dan bila emang gak memungkinkan buat nyetir mendingan gak usah dipaksaiin aja takutnya terjadi kecelakaan seperti gosip diatas..

riesta said...

mantap tips nya...
sayangnya sampe skarang aku blum bisa nyetir mobil sendiri....hehehehe

-Gek- said...

bener bgt tuh Clar. Kopi senjata paling ampuhhhhh! Btw, pulang gawe malam2 amattttt..

catatan kecilku said...

Hati-hati lho... berkendara sendiri di jalan raya pada malam hari.. Rawan banget utk kota sebesar jakarta.

Itik Bali said...

He..he aku kira ini postingan infotainment
emang bener mbak, Poppy bunga kecelakaan
katanya ampe shock berat
tapi kok ya sempet2nya moto mobilnya yang ringsek bagian depan ya?
hehe..

the others said...

Karena aku tak pernah bawa mobil sendiri, jadi terus terang aja gak tahu gimana capeknya... tapi sering dengar sih suami bilang kalau nyetir itu capek... :)

fanny said...

wah, tks tipsnya. tapi aku terlalu penakutnyetir sendiri. ehhee...kamu berani ya pulang malam2..salut deh.

Bali Property said...

Wah.. sangat bahaya kalo ampe ngantuk, pokoknya apa aja yang buat kita gak ngantuk saat nyetir.
karena kalo ampe tertidur sedetik saja sudah bisa bahaya.
makasih tipsnya..
Bali Villas Bali Villa

Aulawi Ahmad said...

tidur sambil nyetir itu yg bikin penasaran hehehe, tapi bisa kalau mobilnya gak jalan so tidur sambil megang setir wkwkwkwkwkw

Kholil Aziz said...

semoga saja kesadaran ini tak sekedar wacana di Blog saja, harapan besar bisa ditularkan di dunia nyata dalam praktek sehari-hari kita. karena keselamatan nyawa kita dan orang lain begitu berharga.

reza juanda said...

nice info clara...
nice blog...

kesehaRian Ra-koen said...

kunjungan pagi ^^
boleh ditiru nih tips nya :)

Seiri Hanako said...

thanks ya tipsnya
btw kayaknya ini tips tapi ada bumbu infotaiment jg ya

^^

Winny Widyawati said...

Wah tipsnya seru, pokoknya berisik aja deh ya dlm mobil hehehe. :D

Zulfadhli's Family said...

Gw mah udah ikut kursus, diajarin emak, diajarin suami, teteup ajah ga lancar2 nyetirnya. Kayanya emang ga bakat deh. Belom apa2 dah keluar keringet dingin. Nemu pasar yang kudu maen gas & kopling, keringet dingin keluar segede2 bagong. Parah!!

xamthone plus said...

yapz stju bgt nih sob memang klw keadaan'y kita ge ngantuk jangan menyetir.
krn hal itu bisa menyebabkan kecelakaan,
pkok'y sangt berbahaya tu klw keadaan'y ge ngntuk jdi nyetir jg gx bza konsen.
jdi sblum terjdi hal" yg tdk di inginkan kta harus waspda.

foredi gel said...

kalau ngantuk sebaiknya istirahat dulu demi keselamatan..

odoy said...

Karena aku tak pernah bawa mobil sendiri, jadi terus terang aja gak tahu gimana capeknya... tapi sering dengar sih suami bilang kalau nyetir itu capek

yadi said...

Hati-hati lho... berkendara sendiri di jalan raya pada malam hari.. Rawan banget utk kota sebesar jakarta.

rida said...

nice post.,.,

yani said...

ikut nyimak artikelnya mas, makasih

agus herbal said...

nice info gan kunjungan malam

Cara Menyembuhkan Penyakit Nyeri Sendi Secara Tradisional said...

Bagus informasinya..!
thanks...

cara mengobati maag said...

Informasinya sangat bermanfaat untuk semuanya :)
Thank's