Saturday, January 8, 2011

SM*SH Made In Indonesia

You know me so well~~ Girl I need you~~
Girl I love you~~ Girl I heart you~~

Itulah sepenggal potongan lirik lagu yang dipopulerkan oleh SM*SH yang semenjak debut pertamanya langsung dilempari caci maki dan berbagai hujatan berlabel plagiat. Sebuah grup baru asal Indonesia yang mengusung konsep boy band yang agak beda tipis dengan boy band asia lain, yang memang namanya sudah sangat beken. Sebut saja Super Junior.

Mulanya saya sih tidak begitu mau ambil pusing soal SMASH ini.
Dalam artian, tidak ingin mengangkatnya ke dalam sebuah tulisan untuk blog. Tapi, entah kenapa lama-lama kok terasa gatal juga untuk membahasnya. Kenapa? Karena pada akhirnya saya merasa kasihan pada orang yang mencaci maki atau menghina-hina grup ini dengan sebutan plagiat.

Meski awal debut itu pun saya pernah protes "ini grup apaaannnn?" dengan sedikit shock, tapi lama-lama ketika saya perhatikan saya tau bahwa mereka memang sebenarnya punya potensi HANYA saja KURANG diasah. Mereka mungking terlalu instan. Padahal kalau diberi waktu untuk menjalani training, saya rasa skill mereka bisa lebih baik. Nggak usah sempurna, tapi selama enak dilihat untuk menghibur orang banyak, ya sudah. Itu cukup. Memang begitu kan hiburan. Dan, nyatanya memang SMASH ini bisa membuktikannya. Terlihat dari perfomance pertama mereka yang dibalut dengan suasana lipsync yang kental, akhirnya belakangan sudah mulai menggunakan vokal asli mereka sendiri. Perlahan-lahan, konsep lipsync pun ditinggalkan.

Saya salut. Lalu, berubah pikiran untuk tidak menghina boyband ini lagi.
Setidaknya ada terobosan baru di dunia musik Indonesia. Nggak cuma lagu-lagu melayu yang bunyinya macam "Bertahan satu Ce.Ii.eN.Te.Aa" atau "Mau dibawa kemana hubungan ini...?" (-_____-)" bosannnnn~~ kuping saya sakit lagunya itu lagi, itu lagi. Kalau persoalan lagunya mirip si anu, MV nya mirip si Suju, atau apalah itu, kenapa tidak kita terima saja. Anggap sebagai first debut yang mungkin terlalu cepat sehingga tidak sempat memikirkan konsep yang akan diusung grup ini secara matang. Toh, idol grup beberapa negara sering tersangkut kasus plagiat-plagiatan juga, kok. Rasanya wajar, mengingat sudah tak ada lagi yang original di dunia ini. Yang ada hanyalah sebuah terobosan baru dan bagaimanakah kita berani untuk melakukan terobosan itu.

Tapi, yah..., ini hanya opini seorang clara saja loh xDD

16 comments:

catatan kecilku said...

Aku malah baru tahu tentang grup musik ini... hehehe

the others.... said...

Jadi penasaran deh pengen tahu lebih banyak tentang grup ini.

Seiri Hanako said...

aku tadi nonton mereka di TV
jadi seneng juga coz ada warna baru di musik indonesia n nggak mellulu lagu melayu yg gw nggak suka...

Ellious Grinsant said...

Okay Clara = i just watched their Music Video - I Heart You... and you know what, gua ketawa ngakak + geli luar biasa... OH MY GOOOOOODDDD...!!!! Some of them look sissy.
Gua suka super junior dengan lagunya sorry-sorry (cuma lagu itu aja yang gua suka)dan pernah ngeliat video klipnya, mereka tampil sangat cowok sekali dan enak dilihat.
But Smash?! gosh... mereka butuh latihan fitnes dan kepribadian. Video klipnya tampak konyol sekali!
gua bukannya mau menghina ya, cuma mereka benar-benar menggelikan. Dan seperti yang elu bilang, kurang matang. Masih banyak BANGET yang harus mereka perbaiki sehingga kedepannya nggak mengeluarkan lagi video klip yang langsung bikin gua ngakak dan geli seketika.

Jhoni20 said...

wah saya malah baru tahu nih ada grup band eni!?!?!? nonton dulu ah videonya heheheheh

dwi wahyu arif nugroho said...

kog ak baru tahu ad band kykg git, hehe

wawank said...

Bandnya keren, sepertinya akn punya banyk fans jg.!

TS Frima said...

have a nice weekend ^^

indrahuazu said...

wah, ada to, band ini??hahhahaa

non inge said...

he he... band yang jika mau menerima kritikan dengan lapang dada dan memperbaiki setiap kekurangan mungkin akan menjadi band yang besar ^^

abeng beng /arjopedal said...

enak juga tu main musiknya

Aulawi Ahmad said...

emang jaman skrg apapun dilakukan biar terkenal, masalah orisinalitas masih ada kok, tapi ya itu tadi dari sisi mana dulu hehehe

agoez said...

Yuk...Yuk...belajar Motret Bareng

Miawruu said...

mia lbh suka Sm*sh versi parodinya. bkin ngakak hahahahaa

Susan Noerina (Zulfadhli's Family) said...

hehehe, gw juga pertama ngeliat di SCTV langsung shocked gituh Mba. Wedewww, apaan tuh? Tapi yah lama2 bisa gerima juga, soalnya lumayan ada yang kece *Bu Bunting gatel* :-)

R.S Hanifa said...

ya daripada dihina. mending nganggep grup ini lagi nyanyi "no other"-nya Suju tapi pake bahasa Indonesia. toh lagunya juga enak :)