Sunday, January 11, 2009

Sashimi..enak atau enek?

Beberapa kali menonton acara Korea, beberapa kali itu jugA saya melihat tentang kebudayaan makanan mereka. Tak ubahnya dengan orang Jepang, orang Korea pun suka makanan yang masih fresh, alias baru saja "dibunuh" alias TIDAK dimasak. Hiii... jujur, saya enek melihatnya. Bukan karena benci atau bagaimana, tapi secara pribadi saya memang tidak menyukai makanan yang belum dimasak. Paling tidak untuk daging, mereka seharusnya sudah mengalami proses yang namanya masuk ke dalam kuali yang dalam keadaan panas. Kalau sayuran mentah, saya bisa memaklumi, tapi daging mentah? Bah, jangan harap saya memakannya. Bisa muntah di tempat.

Tapi saya heran, kenapa orang Korea dan Jepang itu suka ya makanan yang belum dimasak? Biasanya dikenal dengan sashimi. Kata mereka (berdasar yang saya tonton dari sebuah variety show Korea - Family Outing #17), daging ikan yang mereka makan itu enak sekali. Saya tak bisa membayangkan, darimana sisi enaknya ketika kamu makan daging yang baru saja kamu tangkap dari laut dan HANYA mengalami proses pencucian dialiran air keran!

Oke, untuk ikan, rasanya sudah cukup biasa. Melihat begitu banyak beredar, bahkan di Jakarta pun sudah mulai disukai beberapa kalangan. Tapi, bagaimana kalau ayam? Pernah terpikir untuk makan ayam mentah? Yang saat kamu pesan, sang pelayan segera mengambil satu ekor ayam dari kandang, lalu membunuhnya dan mencuci bersih kemudian dipotong kecil dan ... taraa... langsung ada di hadapanmu, menunggu masuk ke dalam perut??!

Saya tidak mau!!
Ikan saja saya tolak, apalagi ayam! Juga kawanan binatang lainnya!


daging ayam mentah itu tersaji di piring bagian tengah

Di salah satu daerah di Korea, konon kabarnya banyak restoran yang menjual daging ayam mentah ini. Prosesnya seperti yang telah saya katakan di atas, tinggal pesan, lalu ayam akan langsung dipotong langsung setelah dibunuh dari kandangnya. Kasihan sekali nasib ayam gendut itu.


ini juga salah satu sashimi ayam

Ah, meskipun terlihat menarik di gambar, saya tetap tidak berniat menyantapnya. Bagaimana kalau kamu sendiri? Apa tertarik mencicipi atau jangan-jangan malah suka sekali dengan makanan mentah seperti itu?
Hahaha, hal semacam ini memang kembali ke selera masing-masing, tapi lidah jawa saya ini rasanya tidak akan bisa menerima makanan semacam itu.

1 comment:

eCHo CoLaTE said...

agak ragu utk menyantap makanan tsb