Wednesday, June 23, 2010

Sepatu dan Cairan Pembersih Kaca

Hayo, siapa yang setahun belum pernah cuci sepatu? *sayaangkattangan*

Dari dulu, saya paling males kalau disuruh nyuci sepatu. Mama mau teriak-teriak, kek, kalau malaikat kebersihan belum ngerasuki saya, pasti saya akan acuhkan. Biar aja, deh, sepatu kotor kan makin keren. Dengan begitu ada kisahnya sendiri, seperti kata iklan, "kalau nggak kotor, nggak belajar." Tapi, semua itu hanya alibi untuk menutupi alasan klise yang sebenarnya : malas.

Sampai waktu itu, saya sampe frustasi melihat sepatu saya yang dekilnya minta ampun. Tapi, tetep aja males buat nyuci. Ditambah lagi, saya memang mau pergi dengan menggunakan sepatu tersebut. Lalu, entah pencerahan darimana, mata saya menangkap cairan pembersih kaca yang biasa mama saya pakai untuk mengelap meja makan. Dengan jeniusnya, saya ambil cairan di dalam botol itu dan saya semprotkan ke pinggiran sepatu dekil saya. Lalu, tinggal saya sikat seperti biasa kalau sedang mencuci sepatu secara manual. Dan, hasilnya..., cling..., bersih seperti habis di cuci! xD

Sayangnya, sampai sejauh ini cara yang biasa saya lakukan hanya bisa digunakan untuk sepatu dengan kondisi sebagai berikut:

1. Sepatu hanya terbuat dari bahan karet seperti bahan pinggiran dari sepatu converse.
2. Kotoran yang bisa dihilangkan hanya yang ringan. Kalau ada tanah-tanahan, mending dicuci pake air dan sabun.
3. Belum mencoba pada sepatu kulit.

Tips tambahan dari saya untuk sepatu yang seperti converse atau yang berbahan kain, bisa juga dibersihkan dengan cara paling praktis : masukkan ke dalam mesin cuci satu pintu dan hasilnya..., jangan ditanya. Bersih dan kinclong abis!

Selamat mencoba ^^

39 comments:

Aulawi Ahmad said...

tips yg jitu :), btw ini mosting dari kantorkah? hihihi

inge / cyber dreamer said...

waduuuh...
sepetu sie biasanya 3 bulan sekali nyucinya...
itu kalo sepatu sport sie...
tapi kalo sepatu kulit, cuman dilap lap ajah ^^

gaelby said...

Waahhh kebenaran bnget neh :) Aq termasuk yg pling malas bersiin spatu. Tipsnya ajib bnget, Thanks !

albertus goentoer tjahjadi said...

tipsnya mantap mbak... eh aku mau nambah satu lagi... dikasih LEMBIRU aja mbak pasti dijamin bersih dan mengkilat kembali kayak baru... LEMBIRU tu maksudnya.... LEMpar (yang lama trus) BelI (yang) baRU... hihihi... kaburrrrrrrr...

minomino said...

waduuuuh mbaaak, dimasukin mesin cuci rusak loh, hehe
tp boleh lah demi kecepatan dan keefisienan :D

elok langita said...

elok juga jarang nyuci sepajuu.. huehehee... sepatu item engga gampang kotor..

tipsnya patut di cobaaaaaaaaaaa..

:D

Riesta Emy Susanti said...

hahahaha,,,
aku juga uda pernah tuh...
tapi selama aku tinggal di Pekanbaru,,,blum pernah nyuci sepatu...
ya eyalah,,,sepatu buat kerja ku kan emang bahan yg gak bsa dicuci...
hehehe

four dreams said...

haha lucu tipsnya aneh tapi ingin dicoba untuk converse ku :)

siroel said...

aku udah brp bln yah g nyuci sepatu, *???*

JHONI said...

wkwkwkwkwkwkw............tips nya patut dicoba!!!!

atau masukan tong sampah sepatu kotornya dan cari sepatu dengan ukuran, merk, dan motif sama di toko.............heheheheheh

Adhini said...

tips yang ok, nanti sepatu senamku pakai cara ini aja ...dech

Jazz Muhammad said...

waduw, masuk ke mesin cuci... ngga cepet rusak teh sepatunya..?

oya teteh kan penulis yah.. malah udah punya novel..

bagi2 dunk teh gimaa caranya..?
oya terus gimana bisa masuk ke penerbit gitu..?

teteh kalau sempat bales di imel aq
muh.jazuli@gmail.com

kalau sempat mohon bales teh, heheh pingin ikutan jadi penulis nih...

mocca_chi said...

aku ga punya sepatu -__-"

Agung Aritanto said...

hah ternyata mba Clara termasuk tipe pemalas ya he he(Guyon)

hati2 mba entar kalo sepatunya punya nyawa bisa nuntut mba toh pengen dibersihin trus minta dipesenin pizza(kaga nyambung)

yudex said...

lihatlah si Clara bagi-bagi tips keren.. keren bagi pemalas. :D

aaSlamDunk said...

wahahaha dasar!! masa 1 tahun belum dicuci!!
ada tips juga dari slam
1. buat yg pake bahal dove atau orang jawa bilang "bludru" itu cukup disikat dengan sikat gigi saja biar gak rusak
2. kalo yg pake kulit warna putih bisa dengan odol, yak odol buat sikat gigi itu. dijamin kempling
3. yg converse kalo urgent dan pengen cepet bisa pake alkokol 70%, langsung kinclong, tp efeknya nanti cepet rusak catnya alias mengelupas

demikin tambahan dari ahli meta data sepatu slamdunk hehe

catatan kecilku said...

Itu tips membersihkan dalam sekejap ya..? :p

the others... said...

Hehehe, memang paling mudah tuh dimasukkan ke mesin cuci... =))

fajar said...

habis dicuci begini, spatu bakal bening alias transparan...kamu tambah hot ntar haha

Zulfadhli's Family said...

Hahahaha, belom pernah tuh nyuci sepatu pake cairan pembersih kaca! Dasar gokil! :-)

Btw kumaha Jeng penjualan novelnya? laku keras dunks pastinya. Boleh neh kalo pas Zahia mudik ke Jakarta dikasih sebiji sama Aunty Clara hihihihi ngarep boooo

Met beraktivitas yah Jeng. Sukses selalu!

dwi wahyu arif nugroho said...

biasana dicuci hujan :D

castello said...

apa g' bauk tuh
wkwkwk

Seiri Hanako said...

jangan2 Cinderela nyuci sepatunya pake cairan pembersih kaca hingga jadi sepatu kaca..
*sotoy.com*

(^__^)

atanotonogoro said...

hahahah aku juga paling males dan biasanya sih dicuciin abisan suka ga tahan sama baunya -.-" padahal bau kaki sendiri.

andi said...

hei Clara...
masih inget gak???

.:diah:. said...

saya jg [lumayan] malah buat cuci sepatu, kadang klo terpaksa saja :))

waahh patut dicoba niihh tips cuci sepatu pake pembersih kaca *lama2 sepatu kita jadi sepatu kaca yaakk* :D

Freya said...

bwakakak dasar duduuuul. Sepatu dimasukkin ke mesin cuci bukannya malah rusak ya? Dasar, kelaraaaaaa..... *kabur*

ieyaz said...

serius tuh bisa dicuci pake mesin cuci..
cobainn ahh... klo rusak mbak clara harus tanggung jawab lhoo.. hahahahaa.. :P

senja said...

ok juga tipsnya clara :)

apa kabar clara? kok anak gadis males sih ? hihihi.....

Elsa said...

saya juga angkat tangaaaaaaaaan....

agoez said...

Ide penulisannya apik

odoy said...

tipsnya mantap mbak...

nenden said...

nice post.,.,

hanifiah said...

salam kenal mbak.,.,

agus herbal said...

Waahhh kebenaran bnget neh :) Aq termasuk yg pling malas bersiin spatu. Tipsnya ajib bnget, Thanks !

arial said...

habis dicuci begini, spatu bakal bening alias transparan...kamu tambah hot ntar haha

rida said...

haha lucu tipsnya aneh tapi ingin dicoba untuk converse ku

yani said...

waduuuuh mbaaak, dimasukin mesin cuci rusak loh, hehe
tp boleh lah demi kecepatan dan keefisienan

cara mengobati penyakit rematik secara alami said...

ikut menyimak gan