Thursday, May 13, 2010

Ajang Bagi Jobless

Jika bukan karena status saya sebagai jobless aka pencari kerja, pasti saya nggak akan pernah peduli dengan event besar-besaran seperti Job Fair ini. Apa sih Job Fair? Job Fair adalah ajang bagi seluruh perusahaan untuk berkumpul di satu tempat, memberi kesempatan bagi para pelamar pekerjaan untuk langsung datang dan menyerahkan CV di tempat. Prosesnya jauh lebih cepat ketimbang hanya dengan mengirim CV via e-mail (begitu kata salah seorang dari sebuah perusahaan ketika saya bertanya, bagaimana kalau saya kirim CV via e-mail). Bagi saya (dan tentunya ribuan pelamar lainnya) ajang seperti ini adalah hal yang sangat menguntungkan. Asal tau dengan jelas apa yang sebaiknya dibawa pada saat job fair, dijamin ajang ini tidak akan menjadi ajang yang sia-sia belaka.

Kemarin pun, saya mengikuti dua ajang job fair yang berbeda.

Yang pertama pada tanggal 4 Mei, di daerah Senayan. Lalu, yang kedua di gedung SMESCO pada tanggal 12 Mei. Memang tiap Job Fair memiliki tata cara masing-masing yang berbeda.

Tanggal 4 Mei bertempat di Senayan, acara job fair yang ada memang tidak begitu ramai. Malah cenderung sepi dibanding job fair lain yang pernah saya ikuti. Begitu pun menurut teman saya. Tapi, meski sepi, toh intinya di tempat itu tetap hadir berbagai macam perusahaan yang mempersilahkan kita untuk menyerahkan CV.
Html-nya hanya Rp 20.000 saja.

Tanggal 12 Mei bertempat di SMESCO, justru jauh lebih ramai. Job Fair yang diadakan oleh Jobstreet.com ini sudah dibanjiri pengunjung yang berharap menemukan "jodoh" aka pekerjaan, ketika saya dan teman saya tiba di sana. Dan, kebanyakan sudah rapih jali dengan dresscode kemeja licin, celana / rok bahan licin--yang mungkin lebih rela berdiri di bus daripada bagian belakangnya lecek, rambut di-blow abis-abisan, make-up, plus membawa amplop cokelat dan tas. Kalau saya sih saltum alias salah kostum. Beneran, saya cuma pakai kemeja seadanya dan celana jins plus CV yang ternyata kurang stoknya. Ditambah lagi, tak ada embel-embel kopian ijasah, sertifikat atau transkrip nilai seperti CV orang-orang. Pun KTP nggak ada, sampe akhirnya temen saya bilang, "pake aja kopian KTP-nya".
Html-nya hanya Rp 30.000 saja.

Tapi, apa pun kondisinya, bagi saya kedua ajang tersebut merupakan kesempatan emas untuk bisa langsung menyodorkan CV kepada perusahaan. Lumayanlah..., paling nggak, melalui ajang tersebut CV saya sudah tersebar ke beberapa media yang memang membuka lowongan di ajang tersebut. Sekarang, tinggal menunggu hasil akhirnya. Apa saya dipanggil, ditolak, diacuhkan, atau malah diterima? Ahakakak, aminnnnn~ mudah-mudahan ada satu dua media yang "terpikat" dengan saya yang agak-agak bodoh ini.

Ternyata prinsip "kalo jodoh nggak kemana" bisa diterapkan dalam hubungan dengan kerjaan, hihihi... semoga saja...,
jodohkuuuu~ datanglahhhhh~

20 comments:

Awan said...

aminn.. amin..

menurut gw, loe berbakat kok clar,
tadinya agak2 gk percaya kalo clara ini pengangguran..

mpe sekarang jg tetep gk yakin,
hehe,,

NOOR'S said...

Wah...bang Pendi ikut doain deh non, dari dua ajang job fairnya ada nyangkut. Tapi kalo belum jodoh tenang aja non...bang Pendi ada info job nih di daerah ragunan, asal berani aja...soalnya nyikatin gigi macan...he...he

Salam hangat & sukses selalu...

dwi wahyu arif nugroho said...

woalah, penulis kita msh cari job juga to? :D
sukses deh :)

non inge said...

amin...
semoga dapat kerja yg sesuai dng keinginan ya dear ^^

Unknown said...

Yakin, orang sehebat mbak Clara pasti engga akan jobless
tuh novel keduanya aja dah terbit
kan penulis bisa jadi profesi..

Kang Sugeng said...

Yup semoga Non Clara mendapatkan pekerjaan sesuai yg diinginkan

agoez said...

Teringat Waktu maish belum mendapatkan aktivitas yang tetap. hehe

Riesta Emy Susanti said...

amiiin...
aku blum pernah ikutan job fair....
^_^

TS Frima said...

have a nice weekend :)

Dimas said...

emanknya klo job fair gitu, langsung interview ya, atau cuma nyerahin berkas aja...
kok harus berpakaian rapi2 banget ??

Artikel Internet Online said...

berguna banget nih acara kayak gini buat para pencari kerja..
emanknya nggak dikash tau ya berkas2 apa aja yg harus dibawa ?

bonk AVA said...

amin amin, semoga dapat jodohnya aka pekerjaan.

Berlian Katarina said...

ttp smangat yoo clara.. ^^ lamar trs hehe.. jodoh ga akan kemana! :D

heny said...

Amiiiin.....Moga cepet dapet JODOH ya...eh...emmm....cepet dapet KERJA... :-)

Aulawi Ahmad said...

hehehe eman gbener cari kerja itu mirip dgn cari jodoh, dimana bekerja (ngilangi status nganggur) itu mudah tapi mendapatkan pekerjaan yg sesuai dgn kita inginkan itu yg gak mudah :) sukses selalu buatmu :)
@Dimas : memang biasanya ada persh yg langsung interview bro makanya pake baju rapi, tapi ada juga yg cuma nitip cv n berkas lainnya :)

Elsa said...

semoga dalam minggu ini dapat banyak panggilan interview yaa
trus habis interview langsung diterima.

lha penulis novel kok masih cari kerja?
heheheheheh jadi penulis aja, jauh lebih enak kan?

miwwa said...

setuju sama mba elsa!! jadi penulis aja clara.. :3

mayank said...

amiiin semoga mendapatkan yang kamu inginkan ya claar....
caiyooo

mocca_chi said...

tp kerjaan mah walau jodoh ga datang sendri dan ga nomplok sendirinyaaa

Junaedi said...

Hallo maukah menjadi followerku di blog saya