Sunday, May 2, 2010

Sejauh Mana Persahabatanmu?

Sahabat? Pasti semua butuh, kan?
Sebenarnya arti sahabat itu apa, sih? Pertanyaan seperti ini biasanya banyak ditanyakan di saat-saat yang mengharubiru atau dalam sebuah ajang kompetisi tertentu. Lalu bagaimana jawaban masing-masing terdakwa yang mendapat soal seperti ini? Tentu sangat beragam. Ada yang mengatakan, sahabat itu adalah orang yang selalu ada di saat suka dan duka. Ada juga yang bilang sahabat itu seperti bayangan kita. Hanya saja, setiap saya mendengar definisi mereka tentang sahabat, saya menemukan satu kesamaan, yaitu bahwa sahabat adalah seseorang yang ada untuk kita.

Suatu waktu saya pernah bercerita dengan teman saya. Saya katakan bahwa sahabat saya tidak tahu apa-apa tentang saya. Lalu, dengan santainya dia memojokkan saya, "memangnya dia perlu tau segalanya tentang kamu?"

Lantas sejak itu saya pun berpikir. Dan, cara berpikir saya juga berubah.

Dia benar.
Sahabat saya tidak perlu tau apa pun tentang saya karena persahabatan tidaklah melulu tentang mengetahui apa-apa yang ada di dalam diri kita. Tetapi, mengenai bagaimana diri kita meluangkan waktu mendengarkan cerita-ceritanya, tertawa dan menangis bersama.

Setelah melalui proses itu, saya pun merubah cara mendefinisikan sahabat.
Bagi saya sahabat adalah seseorang dimana KITA selalu ada untuknya.

Jadi, sudah sejauh mana kita menjadi sahabat untuk sahabat kita?

19 comments:

inge / cyber dreamer said...

ya... melihat dulu kedalam diri... bkn menuntut orang lain unk selalu ada... ^^

elok langita said...

sahabat itu cuma sebatas teman seperjuangan, kalau udah beda tujuan sama beda pemikiran iaah pasti ada renggang di jalinan persahbatan itu.. apalagi lagi kalau beda jarak, mereka udah nemu sahabat baru sbg pengganti kita.. hiks hiks..

segimanapun carenyaa dia ke kita atau kita ke dia, tetep aja mereka bukan siapa siapa, cuma seseorang yang hadir di saat yang tepat, balik lagi ke tujuan sama pemikirannyaa..(hehhee.. sok tau elok)

poet said...

saya belum jauh-jauh amat...

ekopras said...

sahabat selalu ada dimana pun kita berada, bisa jadi penghertiannya lebih luas tidak sekedar orang, misalnya kita juga perlu bersahabat dengan waktu, perlu bersahabat dengan google

Adhini said...

Sahabat gak seharusnya ingin tahu tentang kita, tetapi selalu ada buat kita.

Hdsence said...

sahabat itu seperti keluarga sendiri...
selalu mendengarkan dan mengerti ttg kita,
tanpa meminta tuk tau banyak ttg kita,tp selalu tau keadaan kita,bener..?

sejauh ini aku belum menemukan sahabat yg terbaik, tp setidaknya ia baik kepadaku,hmmm

yudex said...

Sahabat? kayaknya aku belum punya!

The Michi said...

orang yg saling mengenal,blm tentu saling mengetahui.. tarohan sama gw,sekenal apapun elo sama temen lo, lo tidak banyak saling mengetahui, jadi salah jika kita menganggap orang terdekat kita adalah sahabat kita,krna apa? hidup ini blm berakhir,mash bnyk kemungkinan yg akn terjadi. sdangkan sahabat sesungguhnya adalah bagian dalam diri kita sendiri,secuek apapun kita,sejahat apapun kita sama dia,bhkan sesering apapun kita menyakitinya.sahabt kita itu slalu ada.

Aulawi Ahmad said...

seneng bila punya sahabat sepertimu yang selalu ada untuknya :) berharap aja dia enggak egois n bisa melakukan yg sama untukmu...

anyin said...

sejauh mana yaaa? masih skeptis nih :(

Kang Sugeng said...

Buat saya, sahabat adalah orang yg paling mengerti ketika kita berada dalam kesulitan

catatan kecilku said...

Sahabat akan setia meluangkan waktunya untuk menguatkan kala kita sedang patah semangat.

dwi wahyu arif nugroho said...

sjauh mata memandang, sedalam hati merasa :)

the others... said...

Mencari sahabat tak semudah mencari teman.

mocca_chi said...

hahahah.... anda ngelink saya ngelinkkkk

agoez said...

Sahabat? Cukup Penting Bagi Saya. Teman Berbagi Suka Atau Duka Hanya Bagi Orang2 Terpilih yang bernama Sahabat

Elsa said...

hhm, bagus tuh
sama sekali tidak egois.

biasanya kan sahabat adalah orang yang selalu ada saat kita membutuhkannya.
lha ini ternyata dibalik.
baguuussss

munir ardi said...

sahabat tidak pernah berhitung untung rugi suatu pekerjaan bila tujuannya untuk menolong sahabat

Wiwied said...

:::: astaga... blog anda menarik sekali ^_^v...

::: salam kenal dari saya ^_^v anak baru ^-^v dengan sengaja mampir berkenalan sambil memberi kado ^_^ http://wiedesignarch.blogspot.com/2010/05/surat-untuk-mas-farid.html

:::: sahabat selalu kurindukan, siapapun dan dimanapun ia, selalu aku harapkan kehadirannya di hati sini... ^_^v salam sahabat, teman baru ^_^

:::: aq boleh follow yah?? kalo berminat silakan follow balik, ingin tahu updatenya lagi tentu lebih mudah ^_^jika di follow ^_^v semangat yaaaa ^_^