Thursday, April 29, 2010

Sirik VS Copy Cat = Nggak Ada Yang Beres

Sebagai mahluk sosial, tentunya kita membutuhkan yang namanya bergaul dengan banyak orang. Tanpa pandang bulu kita harus melebur dengan bermacam karakter manusia. Di tengah perjalanan saling mengenal, mungkin kita akan menemukan mana karakter orang yang bisa cocok dengan karakter kita, maupun sebaliknya. Tapi, bagaimana kalau menemui karakter yang sangat menyebalkan? Sebut saja andai orang itu memiliki karakter yang suka copy cat (bukan menjiplak kucing!) dan tidak mau tersaingi oleh kita alias sirik.

Pengalaman saya, menghadapi orang yang suka copy cat dan sirik dengan kita, cukup membuat emosi ini perlahan naik dan hampir meledak. Siapa sih yang mau gaya kita ditiru lalu disaingi? Atau mungkin apa yang menjadi impian kita, justru malah diambil olehnya? Uhh, pasti geregetan banget, kan?

Bangetttt, nget, nget!

Tapi, disitulah letak point yang harus bisa kita kuasai. Gunakan akal sehat dan logika, sebelum emosi menguasai diri dan pertemanan justru hancur hanya karena masalah sepele. Sepele?? Masalah copy cat dikatakan sepele???

Ya, awalnya buat saya yang namanya copy cat bukanlah hal sepele. Hei, bagaimana pun copy cat termasuk salah satu jenis pembajakan yang dilakukan terang-terangan di depan mata kita!

Tapi, marilah kita mencoba berpikir seperti ini.

Saya punya style dan passion tersendiri terhadap sesuatu. Anggap saja style dan passion yang kita anut dan puja-puja itu merupakan hal yang membuat kita terlihat KEREN di mata orang lain. Dan saking kerennya, lihattt, bahkan kita punya PENGIKUT! Bayangkan..., belum jadi artis saja kita sudah punya fans yang meniru gaya kita. Bukan main, bukan?

Jadi, intinya, berpikirlah bahwa kamu itu KEREN!

Lalu yang kedua, kita bisa mencoba berpikir seperti ini.

Orang yang meniru apa pun yang menjadi gaya dan kesukaan kita, sudah sepatutnya kita ajarkan sesuatu yang positif. Well, kasihan nggak sih melihat dia cuma bisa seperti burung beo, mengikuti apa yang kita lakukan? Itu berarti dia sedang mencari jati dirinya dan BELUM TAHU mau berbuat apa. Sudah seharusnya kita memberikan arahan yang benar agar si copy catter ini bisa memiliki passion-nya sendiri.

Jadi, intinya coba MENGASIHANINYA dan MENGAJARKANNYA hal yang baik. Barangkali pada akhirnya dia menemukan siapa dirinya sebenarnya.

Tidak berbeda menghadapi orang yang sirik dengan kemampuan kita, dan berusaha meraih apa yang kita ingin raih. Orang-orang seperti ini pun adalah orang-orang yang patut kita ladeni dengan rasa simpatik, bukan emosi. Bagi saya pribadi, keberadaan orang-orang sirik seperti ini bisa juga kita jadikan CAMBUKAN untuk diri kita. Bagaimana caranya?

Misalnya saja, orang itu sirik dengan karir saya sebagai seorang penulis blog kacangan. Lalu dengan harapan bisa seperti saya, memiliki teman dari dunia blog dan bla...bla...bla..., dia pun ikut membuat blog yang nyaris sama seperti saya. Dengan begitu, saya pun terpacu untuk membuat blog saya yang hancur ini menjadi lebih berisi dan lebih disukai oleh banyak orang.

Pada dasarnya, semua itu hanyalah pemutarbalikkan sebuah pikiran saja. Segala emosi yang berdampak negatif, bisa diputarbalikkan menjadi positif dengan sedikit kenarsisan. Jadi, sebenarnya apa pun masalahnya..., minumnya teh botol, UPS, maksudnya, apa pun masalahnya marilah kita mencoba berpikir dengan merubah arus yang ada.

51 comments:

non inge said...

emang paling sebel kalo ada orang memiliki jenis itu *doooh bahasanya koq aneh yah -.-*

tp solusinya keren tuch, tp tetep g nahan kalo tiba2 ada yg g tau trus nyelatuk, km niru dia yah?? arggh!

Unknown said...

gue emang kereeennn... *lha*

gaelby said...

Org sirik direspon dg simpatik, menghindari emosi. Spakat bnget... Mantab n inspiratif.

Nice to be here again. Salam peace :)

catatan kecilku said...

Orang yg suka meniru2 kita... adalah wujud lain dari kekagumannya dan pujiannya kepada kita... hehehe

the others said...

Aku punya teman yg sebel banget karena segala yg dia pake ditiru oleh temannya, bahkan warna liptsik dan tas kantornya pun ditiru... hehehe

Lily Kasim said...

aku kerennnn bangget,,,,!!! ^^

salam kenal,
tfd

mocca_chi said...

hihihihi.... kerennnnn, clara kerennnnn, clara berapi api wkwkkw

Laksamana Embun said...

Nice Post... tambah lagi wawasan main kesini...

Suksses slalu

The Michi said...

ahhh... urusan wanita....!!!! aku sihh gemebel style...

nuances pen said...

Sabar!

agoez said...

Hm....Negara Kita kan Cenderung Peniru, banyak toh Para Profesor yang menjadi Plagiator?

Dimas said...

waduh clara lagi ngamuk ama sapa nih...

Artikel Internet Online said...

susah juga sih mengantisipasi supaya nggak ada yg copy cat ama kita, orang klo dah kebiasaan mo gimana lg, sulit untuk dirubah..

Kang Sugeng said...

coba MENGASIHANINYA dan MENGAJARKANNYA hal yang
baik. Barangkali pada akhirnya dia menemukan siapa dirinya sebenarnya.

Saya setuju dengan yg ini Non Clara

Irma Senja said...

wahh,clara lagi malah-malah hihihi.....

tp cara mu menyikapinya aku ssetuju clara,gak mngkn juga penciplak sebagus yg asli bukan ??
jadi,...ayooo senyum lagi ya ^_*

Unknown said...

"Segala emosi yang berdampak negatif, bisa diputarbalikkan menjadi positif"

bagian ini aku paling suka

hehe, teh intinya berpikir positif dan berpikir kalao kita ini keren ya..

sayang, sampai sekarang ngga ada yang copy cat aq....(huwaaa..)

hehe, makasih teh udah bagi2

oya kalau sempat mampir teh ke tempatku, ada tulisna menarik soal belanda....

darahbiroe said...

siram airr dulu ahhh
biar suasananya
keliahatan ademmm n tahan esmosi hahahha
:D

antok said...

memang harus belajar menjaga esmosi kok
:D

Aulawi Ahmad said...

kirain apapun masalahnya ke pegadaian wkwkwkw, btw emag bener segala sesuatu harus di pikir positip, tq dah berbagi :)

yudex said...

Melihat dari sudut pandang yang berbeda maksudnya?

Slamet Riyadi said...

slam juga keren mba clara!! slam keren
dimana mana yg copy cut itu berada dibelakang kita, istilahnya satu langkah tertinggal dibanding kita

jadi, terus melangkah aja, dan terus berkarya

Gema said...

ayo jangan mau di susul ama kucing penjiplak....jadi inget pengalaman sendiri, ampe ampe kebiasaan naek pohon jambu aja diikutin..duh...

brencia said...

Selalu ada seorang yang ingin menjadi orang hebat, as long as nyonteknya itu masih sebatas ngambil yang positif gpp ya... asal jgn semua2nya njiplak, jadi malah kehilangan jati diri. *halah*

Clara cantik, akyuu ada ewot lho buat kamyuu...

andi bacil said...

Lebih enak jadi diri sendiri...hehehe

kira said...

ah, gitu aja kok repot...
hahahaha

NOOR'S said...

Lagi esmosi sama siapa non..? tapi bener non, ambil sisi positifnya aja...kalo ada yang ikut2 buat yang lebih baik lagi sampai si pengikut ngga mampu niru. Atau gampangnya...anggap aja non Clara ini artis, dah lumrah kalo banyak yang ngefans...he..he

raden felix said...

setujuu banget sama pendapatnya...Sebenernya orang2 yang suka copy cat itu juga bisa menjadi pemicu agar kita lebih kreatif. Aku orang yang suka gambar dan desain. Banyak gambar2 dan desain ku yang diakui oleh orang lain, bahkan sampai ada karyaku yang dijual. Emank awalnya sebel dan kesel banget. Terus aku berpikir...

"Ayolah...kamu orang yang kreatif. Kamu bisa buat yang LEBIH daripada itu."

Terus juga aku setuju sama komentar yang di di atas, "Orang yg suka meniru2 kita... adalah wujud lain dari kekagumannya dan pujiannya kepada kita... hehehe"

Unknown said...

Untuk menjadi keren, bukan jadi copy Cat..
tapi masih banyak Cat lain yang bisa dipilih Cat Woman, Cat Emco, Cat Avian..
tersedia berbagai pilihan warna..
beli 3 bonus 1
untuk pemasaran menerima member get member..

hubungi 08094444
dijamin!

munir ardi said...

aku bawa palu godam nih siapa yang berani ngusik Clara tak pentungin kelapanya eh kepalanya

Abdul Malik said...

Berasa jadi artis donk berarti..gaya kita selalu ditiru..hehe..

Unknown said...

aku datang dengan postingan baru...jangan lupa simak dan download ya..

Ninda Rahadi said...

iya mbak saya memang keren... wehehehehe jadi proud to be cool halah

Miawruu said...

euuuh... copy cat emang bikin bete. Kalo artis yg ditiru sih ga apa2. dah resiko artis jadi kiblat buat ditiru orang. Tapi kita sbg org biasa di tiru2, nyebelin asmat. si asmat aja ga nyebelin. huh

Edo Belva said...

wahahaha..hebat yah...
sayangnya gak ada yang mau niru2 gaya ku sihh..
(gaya orang gila soalnya, wkwkwk)

Unknown said...

hi hi hi...kadang emang susah ya. saat kita di atas disirikin, saat dibawah dipandang sebelah mata. sirik itu tanda tak mampu lho. Jadi, sebenarnya orang sirik itu, orang yg minder. sebenarnya kasihan orang2 spt itu. mereka gak punya self confident.

Yolizz said...

bener banget mbak.. intinya mikir positif aja deh, kalo ada orang yang kayak gituh yaahh berarti dia merhatiin kita, anggep ajah fans, hihihihi... :p

mayank said...

aku emang keren siii clar, gak perlu diragukan lagi..
hahahahaaa

Agung Aritanto said...

masih bingung neh apa seh yang di maksud copy cat

ada pr neh buat mba Clara entar buat postingan yang khusus membahas copy cat dari sudut bahasa dan istilah ok kerjain yaaa

santet said...

oh ya memangnya fashion mba di copy cat siapa?

poet said...

waktu kecil sih ada temen yang begitu, suka niru-niru saya. tapi sekarang gak ada lagi. mungkin semua teman saya udah menemukan identitas sendiri ya ^^

Unknown said...

bagoooooooooss....,,

marah karna oknum copy cat dan menjadikannya sebagai bahan tulisan yg kerenn..,, ;D

Blogger Bumi Lasinrang said...

aku dulu suka mencopy tulisan orang tapi sekarang nggak lagi

willyo Alsyah said...

Alhamdulillah Berkat Rahmat Allah SWT..

Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Saya, Adik-adik serta kawan-kawan personel CS Band telah merampungkan Hit Single lagu CS Band yang berjudul Salahkah Aku, dengan ARANSEMEN YANG LEBIH BAIK DAN DENGAN MUSIK YANG LEBIH BERWARNA JIKA DIBANDINGKAN DENGAN ARANSEMEN AWAL....selamat mendengarkan..jgn lupa Unduh ya...

Elsa said...

setujuuuuuuuu sama postingannya,

eh ada gak ya yang meniru niru alias copy my style? hehehehe

Rama said...

waduh...

gaya aja pake hak cipta segala...
hehehe...

Anonymous said...

minta ijin, boleh share yg satu ini gak, mbak?

Eva Bebest said...

Copy cat,, bikin naik darah.
Saya slama ini sabar aja nanggepinya, walaupun sbenerny pgend nyakar" ttu orng. Huftt!! Sabar!! Hrus dikasihani :D

Unknown said...

memang paling menyebalkan mendapat teman yang copy catter... menurut saya org yang seperti itu memang pantas disebut BURUNG BEO yang hanya bisa meniru apa yang kita bilang,... dan orang yang seperti itu memiliki OTAK tapi tidak berkembang biak pola pikirnya... tahunya main copy cat gaya orang...
didepan sok sok 'an mengejek style dari saya tapi besoknya udah mencopy style sessorang.... dapedeeeech

Icha arpomo said...

Huuu gw jg lagi di copy cat in org. Gw beli apa dia ikut beli, gw punya apa dia ikut punya. Masha allah.. emosi capek nyaaa saya..

moralessianturi said...

saya punya temen kantor yang copy catnya kebangetan. Dari gaya saya ngomong di meeting dan kebiasaan saya yang kecil saja seperti menguap dan ketawa ditiru. Sangat bikin kesal sih dan bingung juga lihat ini orang sudah umur terbilang dewasa tapi belum punya jati diri. Apalagi dia cowok yang sewajarnya punya jati diri sendiri dan kuat. Pertanyaannya kalau dia sering ikutin/ niru gua dan perhatiin ane diam2, berarti dia kagum dong sama saya trus klo gtu dia bisa jadi dia homo lah ya?

Unknown said...

Saya juga punya temen kayak gitu.. misal hari ini saya pakai baju baru besoknya dia ikutan.. truz pas punya sepatu baru dia juga ikutan.. gak cuma itu, jam tangan, hp, blog, bahkan tanda tangan pun ditiruin.. dan yang lebih parahnya, hampir tiap hari dia saya olok2 tapi tetap seperti itu.. hah menyabalkan sekali