Monday, April 5, 2010

Hubungannya Dengan Karma

Seringkali orang berkata, "hati-hati, nanti kena karma, lohhh."
Sebenarnya, karma itu ada atau nggak, sih? Kalau saya, bisa dibilang secara pribadi saya percaya dengan yang namanya karma. Kenapa? Karena istilahnya nggak ada yang gratis di dunia ini. Pipis aja bayar, apalagi perbuatan kita yang bisa dibilang dicatat oleh malaikat. Semua ada resiko. Selalu ada akibat dari sebuah sebab.

Lagipula, kalau nggak ada karma, darimana kita bisa belajar tentang hidup? Itu, sih menurut saya saja. Anggap saja karma ini memberikan sebuah makna dari keputusan yang sudah kita pilih. Salah atau benar bukan masalah. Yang penting bagaimana menanggung akibat dari semua itu. Dan bagaimana kita melewatinya.

Kenapa saya menulis tentang hal ini?

Soalnya saya merasa belakangan ini saya baru saja kena karma atas sikap saya sendiri.

Saya tau saya salah. Seharusnya saya nggak bersikap begitu terhadap orang itu. Dan..., yah karena itulah saya mendapat balasan yang sama dari orang lain--darinya. Hingga rasanya saya bener-bener menyesal. Sangat menyesal hingga rasanya sesak banget.

Sungguh, deh. Kalau bisa diulang, saya mau mengulangnya. Saya mau melakukan apa saja supaya dia juga nggak bersikap yang sama terhadap saya. Tapi..., saya nggak bisa. Kisah hidup saya bukan cerita dalam novel yang bisa di-edit setiap saat.

Lagipula, toh, ketika saya berpikir lagi, mungkin jalan ini justru yang terbaik. Saya sedang dalam tahap berusaha menerimanya. Apa pun kejadian nanti, saya mencoba untuk menerima.


PS: Untuk orang itu, saya minta maaf. Tapi...bisakah dia tidak bersikap seperti itu pada saya?

32 comments:

Radhitya Notes said...

wah.... sebisa mungkin saya selau berbuat baik....
met malem sobat.......

Daftar Blogger Indonesia said...

oh ya sobat.... Link nya sudah saya pasang...
mampir yach... and link balik...

hehehehehehhehehe
Radhityanotes ^_^

Munir Ardi said...

baru beberapa saat udah ada yang mendahului
yang penting berbuat dengan niat baik selalu

referensi blog said...

kalau menurut saya ya berbuat jahat dapat dosa, berbuat baik dapat pahala

achen said...

Yups terkadang sebab itu mempunyai akibat, meski terkadang enggak....

buwel said...

Yang penting menjalani hidup tanpa melanggar norma norma... :-)

inge / cyber dreamer said...

karma...
ada atau tidaknya, memang tak ada yg tau...
mencoba terus berbuat baik, dan terus melakukan sesuatu dengan niat yang baik... ^^

Dimas said...

yang pasti setiap perbuatan akan diberikan ganjaran sesuai dengan apa yang kita lakukan...
baik itu perbuatan yg baik ataupun jahat...

mocca_chi said...

hmm.. meraba raba, ttg apakah ini yakk

andi and riesta said...

Emg knpa Clara??

Aulawi Ahmad said...

karma itu sama dengan hukum sebab akibat, artinya setiap dampak yg kita terima pasti karena disebabkan oleh sesuatu :) btw semoga sukses melalui tahap mencoba menerima itu ya (n jgn terlalu berharap sikap dia akan berubah, malah akan bikin pusing dirimu)

ieyaz said...

semoga mbak clara bisa lapang dada menerima apa yang terjadi. Pasti terdapat hikmah dibalik semua itu.. :D

yudex said...

pake tips penangkal karma donk..

attayaya deadlink said...

semoga semua orang berlapang dada
damai di hati
damai di bumi

keep smile

siroel said...

karma. judul lagunya cokelat..

♥ria♥ said...

aku percaya karma memang ada aku juga pernah mengalaminya

aktifis sandal jepit said...

artikel yang manarik sobat,saya tulis komentar ini saat belom selesai bacanya.karena inget kakek saya yang bernama mbah "karmo" :D

okleuy,lanjutin bacanya --->>>

Kang Sugeng said...

wuaduh untuk siapa ini Non...

jng menganggab diri kena karma, ndak baik itu

Itik Bali said...

Kalo aku orang Bali selalu percaya sama yang namanya Karma Pala mbak
karena dalam ajaran Hindu memang ada
siapa yang berbuat baik akan menerima karma baik
siapa yang berbuat jahat akan menerima karma jahat
itu untuk menjaga kita agar selalu berbuat baik
karena menurut kami, ada reinkarnasi yaitu kehidupan ke dua nanti
mau jadi baik atau buruk itu tergantung perbuatan kita semasa hidup..

ehhh ...ini pandangan saya lho..
maaf kalo salah

Diana Afiifah said...

kalo aku percaya . siapa itu yang dimaksud dengan 'dia' ?

catatan kecilku said...

Aku percaya bahwa setiap perbuatan akan mendapatkan balasannya, jadi.. jika ingin mendapatkan yg baik maka berbuat yang baik.
Semoga bisa menjadi pengalaman berharga ya...

agoez said...

Selamat Siang Sob.......

Tyas said...

Saya jg percaya Karma itu ada... Selalu berusaha bersikap baik sj sama orang biar gak kena karma.. Hihiii

kebookyut said...

keboo juga percaya. di agama keboo ada 5 hal yg sebaiknya dipercayai, salah satunya karma. jadi inget kalo selama ini udah jahat sama orang2... maap ya mbak kurara kalo keboo ada salah... (_ _)

anyin said...

SAYA JUGA BARU KENA KARMAAA aaahh

Cerita Tugu said...

hehehe..selamay malam yang namanya kisah hidup ya ngga bisa di edit

ra-kun takut karma said...

memang harus gitu kan.
trima dan lihat sisi baiknya ^^

Zulfadhli's Family said...

Gw percaya setiap perbuatan pasti ada balasannya :-)

eL Ro said...

saya rasa bukan karma, tapi sebab akibat..,, tapi begitulah, smoga mereka lebih beruntung bagi yang mau belajar....,, ;D

salam,

mahesapandu said...

apapun istilahnya saya percaya setiap apa yang kita lakukan selalu ada imbas, ada pertanggungjawaban, entah 1 jam berikutnya, besok, bulan depan, tahun depan, ataupun kapanpun. Siapa menanam pasti akan menuai.

Elsa said...

saudara saudara kita di Bali sangat mempercayai Karma. karena itulah mereka sangat berhati hati menjalani hidup....

Gema said...

mari berbuat baik, siapa yang menanam dia yang menuai, kecuali keburu di panen orang :)