Friday, December 11, 2009

Khasiat Teh Tawar

by : Clara


Waktu itu, tiba-tiba teringat pertanyaan salah satu teman masa SMA saya ketika kita lagi berkumpul di sebuah warung makan bebek goreng. Saya yang kalau minum suka butuh pasokan lebih banyak dari porsi nasi ini, baru aja selesai memesan minuman sama pelayannya. Es teh tawar.

“Clar, lo lagi diet ya?”

Jelas saya heran dong dengan pertanyaan dia. Wong, saya baru saja selesai melahap satu paha bebek plus nasi putih (belum lagi di rumah mau makan cekernya :P), kok malah ditanya soal diet? Apa saya kurusan lagi? Kontan saja saya menggeleng. Lalu saya tanya memangnya kenapa.

“Abis lo mesen es the tawar aja udah dua gelas. Kirain lagi diet.”

Jiahahahaha~ Rupanya karena minuman yang saya minum—si es teh tawar itu! Padahal memang saya lebih suka minum es teh tawar ketimbang es teh manis, entah kenapa rasanya malah mual kalau makan tapi minumnya yang manis kek gitu.

Lalu karena ingat dengan kata-kata teman saya itu, saya jadi kepikiran. Ternyata teh tawar (terutama yang hangat lebih bagus kalau baru mendidih) memiliki beberapa kasiat yang saya bisa jamin kebenarannya. Kalau nggak beres kasiatnya, bisa timpuk mocca chi, deh *langsung digetok*

Jadi berikut beberapa kasiat yang dimiliki teh tawar (hangat):

1. Untuk obat penurun berat badan.

Kenapa? Konon katanya teh yang panas, bisa langsung menghancurkan lemak yang sudah masuk ke dalam tubuh kita. Dengan begitu harusnya lemak jahat dalam tubuh bisa cepat hilang, terbawa pada pembuangan akhir. Makanya kalau sedang makan makanan seperti jeroan atau yang mengandung minyak, minum teh panas akan jauh lebih berguna.

2.Untuk obat penurun demam.

Pernah saya ke dokter ketika suhu badan sedang tinggi. Dokter tersebut menganjurkan saya meminum teh tawar panas sebanyak satu gelas, lalu berlanjut lagi satu gelas setiap setengah jam jika panas masih belum bisa turun. Niscaya (wedew, bahasanya…) suhu badan akan perlahan kembali normal.

3. Untuk obat anti mencret.

Mama saya kerap kali menyuruh saya meminum teh panas (tapi khusus penyakit ini harus dibuat sekental mungkin) kalau misalnya perut saya sedang mules terus dan tidak bisa berhenti buang air dalam bentuk cairan. Tapi tetep, minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang. Hanya saja supaya nggak mencret lagi, teh panas bisa cukup membantu.


4. Untuk menghilangkan bau badan.

Hihihi, ayoooo ngaku siapa yang punya BB? Bukan blackberry tapi bau badan! Nah, nggak usah khawatir, teh tawar ini bisa membantu loh. Caranya mudah, cukup larutkan teh tawar dengan kapur sirih lalu diamkan semalaman. Ketika sudah menjadi teh basi yang wanginya aneh, lumuri cairan tersebut di ketekmu. Niscaya (lagi, deh…) bau badan akan hilang. Tapi dengan pemakaian rutin, ya.


Ada yang belum saya sebut nggak ya? Hihihi, tapi rasanya nggak ada, sih. Cuma empat point di atas yang menurut pengalaman saya cukup berguna.

Memang sih rasa teh tawar itu nggak enak. Ya jelas dong, rasanya kan pahit dan tawar gitu, pasti banyak yang lebih senang dengan teh manis. Tapi hati-hati penggunaan teh manis yang berlebihan, selain menimbulkan kegemukkan, bisa juga menumbuhkan jerawat hingga tambah subur di lahan mukamu yang mulus.

Kan, sebaiknya memang minum teh pahit alias tawar. Kalau nggak suka, mungkin pas minum teh tawar bisa sambil mandangin wajah saya…. LOL.

42 comments:

-Gek- said...

Teh tawar.. kesukaanku banget tuh, Clar!

-Gek- said...

Orang-orang sering bilang aku ga waras karena minum teh tawar,
keseringan kopi tanpa gula malah...

-Gek- said...

Khasiatnya,, bener banget!
Penetralisir lemak!
Jadi, sangat cocok bagi orang yg hobi makan kaya kita, Clar.. plus Chi Duz.. (hahhaha, ngarang2.. *gampar*)

High five! XD

ninneta said...

Buat jerawat clar.... bagus banget... didiemin semalem, baru dipake buat cuci muka... ampasnya dijadiin masker... jerawat ku ilanag gara2 itu....

Clara said...

@Gek: iya....bener, karena aku suka makan, aku harus minum teh tawar biar lemak"nya ilang (dan tetep langsing) *digaplok*

@Ninneta: wow...masa? aku baru tau
sipp, nin...akhirnya aku dapet tambahan tips hihihihi

Reni said...

Ternyata banyak juga ya manfaatnya... Makasih udah sharing...

mira said...

teh bisa menghilangkan bau badan? haha.. baru denger yg ini..

Kang Sugeng said...

Tapi katanya bisa mnyebabkan kanker juga lho...

albertus goentoer tjahjadi said...

ohhh... gitu ya mbak... wah... mesti cepet2 ganti kebiasaan nih... abisnya tiap pagi sore aku minumnya teh manis terus.... makasih dech atas infonya...

Munir Ardi said...

Teh tawar ternyata banyak gunanya ya makasih udah berbagi

dwi wahyu arif nugroho said...

siip
biasana q minum untuk obat mencret..he9

Elsa said...

teh tawar emang berkashiat ya. tapi aku lebih suka teh manis. hehehehe....
apalagi dikasi es... trus dikasi jeruk lemon dikit aja! sip deh!...hehehehee

yuda said...

aku juga suka makan bebek goreng. gurih enak... hehehe... oke deh clara... aku coba deh minum teh tawar... moga berhasil masuk ke perutku... ^.^

mocca_chi said...

lagi satu, menghilangkan kantuk dan mengirit kantong. teh tawar harganya seribu, teh ga tawar seribu lima. nah irit lima ratus perak,buat parkir ntu

anindyarahadi said...

sepakat sama nchi...

teh tawar bisa buat obat diet kantong juga mbak .. kan lebih murah qiqiqiqiiq *ngikik


terutama akan sangat berguna kalo aku balik malang lagi.. diet kantong oyyy!!! hahha

^pakSapi^ said...

teh tawar apalagi dalam kondisi panas tdk bagus buat kesehatan telinga kalo salah pemakaian alias dimasukin ke telinga hehe ... :D

genial said...

klu ada temen yang BB.. paling susah nii kasih taunya... mo bilang salah... gag bilang kita yang kena apesnya tiap hari deket2 terus sama dia :p

Facechan said...

Wow... aku sih cmn tau buat kesehatan.. tp nggak tau sedetail itu...

mantep bgt infonya.......

Ra-Kun said...

wah,wah,wah...

eh, tapi teh teh pait (bukan tawar) emang manjur buat perut yang bergejola karena diare :)

Desi Eria R. said...

kalo yang untuk diet, green tea lebih bagus clara...
Tapi jujur sih, aku ga suka teh tawar, perasaan pahit deh (keset gitu ga berasa heuheu)...

yanuar catur rastafara said...

karena aku mempunyai semua masalah diatas
jadi mulai saat ini kayaknya harus minum teh tawar nih
hehehe

aaSlamDunk said...

TEH MANISNYA ATU RA!!! cepet ya gak pake lama hehehhe

aaSlamDunk said...

kalo slam lebih suka air putih hehehee... disamping ngirit juga sehat

tapi kalo di restoran suka malu sendiri, masa di restoran pesennya air putih, dan pasti ditanya "lagi ngirit ya mas?"

Hobby Exchange said...

makasih sharingnya bermanfaat kawan.

Job Review said...

wakh lengkap buanget.....
memang bener teh itu adalah sebagai penawar....strees bagi yang gag dapet PTR juga bisa kok

Arfi said...

wah.... jadi pengen minum teh tawar aja nih... tapi rasanya kan pahit.. hwaaaaaaa

Ra-Kun said...

ohya, Cla.
lowongan PT Semen Padang itu ya buat kerja di perusahaan semen. masa kerja di toko roti... :p
ada yang minat kah?

Aditya's Blogsphere said...

kemaren aq dnam cla,n ibuku buatin teh anget,lumayan juga,skrg dh sembuh (slamet2,aq ga di suntik,hehe)

Aditya's Blogsphere said...

Mksd q,demam maap slh ktik

Pohonku Sepi Sendiri said...

wah inponya bagus neh.. hehe..

eh, 'minum teh tawar sambil mandangin wajah clara'?
kalo malah jadi 'lemon tea' gimana dong.. hihihi.. *piss*

*kabuuurr*

Andie said...

aku mau teh tawar full cream!!!!

*diganmpar*

Ellious Grinsant said...

Tips yang bagus sekali. sangat mendukung dengan program penurunan berat badan yang sedang gua jalani... wuakakakak...

Noor's blog (inside of me) said...

Wah...baru nyadar nih gunanya teh tawar, coba ah...! eh...tapi saya pengen gemuk, gimana dunk...!? he..he

Shin-kun said...

Ati2 Kurara-chan, kebanyakan teh di mata gak bagus lo *ya iyalah, matanya pasti pedes, hahaha*...

Anonymous said...

wduch saya juga suka sama teh tawar tapi biasanya bukan teh tawar hangat tapi teh tawar biasa dingin gimana ka'?????

syarif aja bolehhhhhhh said...

wah...enakan teh mansi,,,sambil ngrokok marlboro,,,,wawwwwwwwwwwtambah dehhhhh( penyakinya ) hahhahahh,,,,ga ding becanda,,,asli enak ka teh manis cuyyyyyyyyy,,,

prinpujianto said...

wah cocok ni... mau mulai biasain minum teh tawar aja. minum teh manis kalo sedikit aktivitasnya juga gag baik

TPH said...

Terima kasih banyak untuk informasinya.

juraganled said...

paling gampang untuk membuktikan teh tawar bisa melarutkan lemak adalah, bekas sendok makan yang berlemak (paling cocok bekas makan nasi padang) coba diaduk2kan ke dalam teh tawar hangat. Langsung bersih seketika tanpa lemak yang menempel. Ini juga cara praktis bagi orang2 yang berkemah untuk mencuci peralatan makannya tanpa perlu membawa sabun cuci.

Citra D. Vresti Trisna said...

teh tawar juga membawa dampak yang menggelisahkan.

nice post, semakin membuka wawasan tentang guna teh tawar. kunjung balik dan komen blog aku ya.

terimakasih.
salam kenal

Anonymous said...

Wach... Mau ganti kebiasaan ah dgn teh hambar.... Heheheee

asri hambali said...

Tambahan nic,bagi yg gemar minum teh manis sebaik Ώyå JηĞη terlalu sering karena kl sering minum teh manis bisaa menyebabkan kegemukan yg lebih parah nya lagi bisa kena penyakin gula,(diabet),kita tau bahwa teh menggandung antioksidan baik untuk tubuh jadi kl minum teh sebaik nya untuk menghindari penyakit di atas minum lah teh dgn kadar gula sedikit atau teh tawar malah lbh bagus,bgus untuk kulit,gigi,mata &pencernaan,yg lebih penting lagi irit duit beli gula,hehe,