Sunday, December 27, 2009

Santa Claus

by : clara

Santa Clause is coming to town....~

Setiap Natal saya selalu ingat dengan lagu riang tersebut. Saya nggak tau siapa yang menyanyikannya, tetapi saya suka lagu itu. Dan bagi anak-anak Natal dan Santa Clause adalah satu paket yang nggak terpisahkan. Sama seperti ketika teman membeli paket seru di A&W yang sudah terdiri atas ayam, nasi dan lemon tea. Hihihi. Begitu juga dengan saya. Sewaktu kecil saya selalu percaya bahwa Santa Clause, ada. Dia nyata. Ada di belahan bumi ini dan akan datang pada saat Natal kalau saya meletakkan sepatu yang sudah diisi oleh rumput segar.

Saya melakukannya.

Sore hari di tanggal 24 saya kerap kali mempersiapkan sepatu kesayangan saya, dibersihkan, dan kemudian saya mencari beberapa potong rumput untuk diselipkan di dalam lubang sepatunya. "Soalnya Santa Clause datang naik kuda dan kudanya harus diberi makan tiap kali mampir ke rumah anak-anak," begitu kata Mama saya dulu. Setelah semua persiapan selesai, saya tidur dan menunggu hari esok.

Potongan rumput hilang dan berganti dengan bingkisan lucu berisi boneka.

Saya senang sekali. Dalam bayangan saya waktu itu Santa Clause benar-benar hebat. Dia mengambil rumput untuk diberi makan pada si kuda dan tidak lupa meninggalkan sebuah hadiah untuk saya--yang telah berusaha menjadi anak baik supaya bisa mendapat hadiah itu.

Namun, ternyata itu semua hanya angan. Imajinasi yang ditanamkan pada anak-anak.

Santa Clause itu tidak benar-benar ada. Tidak ada hadiah. Tidak ada kuda. Dan tidak ada rumput untuk kuda. Hadiah disiapkan sendiri oleh Papa dan Mama saya. Rumput hilang karena Papa dan Mama saya membuangnya selagi saya tidur. Dan saya harus menjadi anak baik itu hanya sebuah pesan yang memang pasti diinginkan semua orang tua.

Saya lupa kapan tepatnya, yang jelas Romo di gereja pernah bilang, sebaiknya dalam benak anak-anak itu tidak ditanamkan yang namanya sinterklas dan segala embel-embelnya. Mengajari anak berbuat baik itu perlu tapi tidak dengan iming-iming hadiah dan santa Clause. Karena dampaknya agak kurang baik. Si anak hanya akan berpikir bahwa Natal itu harinya Santa Clause padahal sebenarnya Natal adalah harinya Tuhan Yesus dimana Tuhan Yesus lahir ke dunia. Stereotip semacam inilah yang harus dihilangnkan dari benak anak-anak.

Saya bukan menyudutkan atau menyalahkan orang yang percaya sinterklas. Saya juga percaya sinterklas ada. Dan saya percaya itu hanya untuk menjadi dongeng yang indah. Selebihnya, saya lebih percaya bahwa Natal memanglah hari penuh sukacita karena kelahiran Yesus.

23 comments:

JHONI said...

iya ya...........dulunya saya cuma tahu kalau natal ada pria berjenggot putih dengan jubah merah yg akan membagikan hadiah pada anak yg baik!!!! padahal natal itu untuk mengenang kelahiran Yesus sang Mesiah!!!

yanuar catur rastafara said...

santa claus??
hehehe
aku masih bertanya-tanya nih soala kaos kaki di perapian..
andai saja aku pasang gitu dirumah, udah bakalan ketebak dech, bukan santa klaus yg datang, tapi ibu bawa golok..kaos kakiku udah lama gak kecuci
hehehe

Shin-kun said...

Hmmmmm, esensi dari legenda Santa Klaus ini sebenernya dalem, cuma kalo anak2 menganggap Natal sebagai harinya Santa Klaus, mungkin itu yang harus dibenahi menurut Shin-kun, karena pesan untuk menjadi anak yang baik itu memang harus disampaikan...

Elsa said...

SantaClaus kan emang fungsinya untuk mendidik anak-anak kecil tentang hal hal baik. misalnya jangan nakal, ntar di culik ..siapa tuh yang mukanya item. hehehhee

bagus juga kok untuk pendidikan anak anak.

Munir Ardi said...

Sy meskipun nggak merayakan natal tapi suka banget nonton film bertema natal apalagi tentang santa sy inget film tentang santa yg rusanya tdk bisa terbang karena penduduk bumi yg sudah kehilangan semangat natal, eh apa ya judulnya

dwi wahyu arif nugroho said...

yang paling penting emang isi atau subtansinya,,,^^

Kang Sugeng said...

Kalo saya malah pengin mbaca novelnya Clara, di Gramed uda ada pa belum ya?

Non... jng lupa ambil award ditempatku lho...!

Agung Aritanto said...

kan biasanya di film-film santa klas itu sama rusa kutub koq jadi sama kuda saya jadi bingung nih

Pohonku Sepi Sendiri said...

eh, sinterklas dan sepatu berisi rumput? beda ya ma kaos kaki yang digantung di perapian dan segelas susu ma biskuit yg disiapkan untuknya?

anyin said...

dalam sejarah, sinterklas emang bener-bener ada sih mbak..







idem sama mas dwi :)

ninneta said...

ada loh santa claus itu... tinggal di scotland apa di finland gitu. tapi kalau masalah bisa terbang dan lainlain nggak ngerti deh,

Natal itu adalah merayakan alasan kenapa Tuhan Yesus datang ke dunia. Itu menurut aku... hehehehe

merry xmas ya

Ellious Grinsant said...

Biarlah, masih anak-anak ini. Toh kalo sudah dewasa mereka bakal tau santa itu tidak ada dan mereka akan tahu makna natal yang sebenarnya itu apa... benar sekali, bagi-bagi angpao. hihihihi...

Itik Bali said...

Hmm, aku suka lihat santa claus..
lucu, perutnya endut dan hadiahnya banyaaak

myvip84 said...

we wish u merry christmas n happy new year 2010..

Linda Belle said...

Clara...
merry christmas ya, sori aku lupa mulu ngelink blogmu huhuhu pdhl kan kita sesama penggemar pelem korea, hidup abg!! haha

Yolizz said...

mbak clara.... aku minta hadiah natal doongg,, xixixixi... :p

caca said...

santa emng ada sih mba... ^^

FAiS said...

kado'y donk...

albertus goentoer tjahjadi said...

mbak Clara... maaf nih baru sempat mampir ke sini... aku dah kangen banget... met Natal ya n' Taon Baru sekalian... moga damai dan berkat Natal memberi kekuatan untuk melangkah di Tahun yang Baru... sukses selalu untuk mbak...

achmad edi goenawan said...

Selamat menyongsong Tahun Baru 2010, Sukses selalu untuk Clara!

Si Gaptek said...

seLamat taHun bRu ....

anyin said...

mbak kuyaaaaaa huhuhu akhirnya balik juga nih orang dari keilangan hehehe..

sehat kan sehat?? nulis disini deh soalnya lagi gak ke fb..


aku di malang lagi sekitar januari atau februari.. hehe jadi kemaren masih cuti pas mbak kuya ke malang.. kapan2 lagi kasih tauin ya :D batu deket banget sama malang. satu kabupaten.. tapi orang2 biasanya misahin :)

Seiri Hanako said...

I hate santa

but

ada hadiah tahun baru di tempatku buatmu...
di jemput ya...

(^*)