Tuesday, December 8, 2009

Penyebab Loading Lama

by : Clara

Lemot. Oneng. Dodol.
Itu hanya beberapa kata-kata yang sering ditujukan untuk saya karena keahlian saya yang bikin orang kesel kalau mereka sedang menjelaskan sesuatu. Gimana nggak kesel, wong yang dijelasin (read: saya) kagak ngerti-ngerti?! Tapi saya juga nggak tau harus gimana, saya udah berusaha keras untuk menyerap apa yang dimaksud mereka, hanya saja otak ini memang terlalu lemah untuk menyerap ilmu yang kebanyakan atau mencerna penjelasan yang memakai kata-kata sulit (dengan kata lain ribet). Saya bingung, apa salah saya sampe otak saya kok lemah sekali ya? *bertanya dengan nada merana*
Akhirnya saya mencoba untuk mencari tahu kenapa otak saya bisa selemah itu.

Beberapa fakta yang mungkin mendukung terjadinya pelemahan di dalam otak saya:

1. Seringnya saya kejedut. Dulu, waktu saya masih menjabat sebagai balita (read: bayi liar cantik jelita), tiada hari tanpa kejedut. Begitu kata Papa dan Mama saya. Sehari bisa tiga kali, hanya untuk kejedut. Mungkin diluar kesadaran bisa lebih dari tiga kali. Tapi saya sama sekali nggak nangis. Bahkan kebiasaan kejedut itu pun masih kerap kali terjadi pada diri saya yang sudah memasuki usia kepala dua (udah berapa tahun ya piara hobi kejedut *mikir*). Kalau mau tidur setelah baca buku, biasanya saya suka kejedut tembok tempat saya bersender di atas tempat tidur. Dan bagian yang selalu kena adalah kepala bagian belakang. Saya pun mendadak curiga, apa saya mengalami geger otak ringan?

2. Seringnya makan junkfood. Nggak tau kenapa, saya suka banget makan makanan cepat saji ini. Sesekali sih tetap menyelingi dengan makanan lambat saji. Tapi yang namanya makanan cepat saji tetap menggoda saya. Gimana dong? Micinnya begitu nikmat di lidah saya. Nggak bisa nahan godaan (T^T). Dan setelah saya search ternyata benar, makanan semacam ini memang memicu timbulnya lemah otak.

Selain menambah berat badan saya (terakhir hingga naik 3 kilo) menurut penelitian dari Oxford University, kebab, burger dan keripik bisa menurunkan kecerdasan seseorang (OMG! Makanan favorit saya semua T^T). Disamping itu, percobaan yang dilakukan pada tikus ini pun ternyata berdampak begitu buruk!

Dalam studinya, para peneliti membandingkan dampak diet pada dua kelompok tikus.
Kelompok pertama diberikan makanan rendah lemak (hanya 7.5% dari kalori berasal
dari lemak). Sedang kelompok kedua diberikan diet junk food kaya lemak (55% dari
kalori berasal dari lemak). Setelah empat hari, mereka menemukan otot-otot tikus
dengan diet kaya lemak mengalami penurunan kemampuan menggunakan oksigen untuk
membuat energi yang diperlukan untuk bergerak. Hal ini membuat jantung mereka
juga harus bekerja lebih keras dan mengalami pembesaran.
Belum lagi konon katanya tikus-tikus yang mengkonsumsi lemak tinggi, akan berangsur-angsur mengalami penurunan daya gerak dan kerap kali melakukan kesalahan dalam melakukan perputaran gerak uji cobanya
. (sumber: Dari sini dong)

3. Katanya sih karena keseringan main BB alias Black Berry. EIts, tunggu! Saya kan nggak punya BB! Jiahahaha~ Ngarep juga kagak sih. Cuma penelitian memang mengatakan bahwa keseringan otak kita melakukan mutitasker alias melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan dan juga berselang seling, ternyata bisa menurunkan konsentrasi seseorang.

Beginilah menurut seorang pakar dari Amerika : "Otak mereka dibanjiri terlalu banyak informasi akibatnya mereka tidak selektif lagi untuk memilah informasi yang penting dengan cepat," kata Dr David W Goodman, Direktur Pusat Gangguan Psikologis di Maryland, Baltimore. (sumber: Dari sini loh)

Tapi kalo saya nggak punya BB, gimana caranya konsentrasi saya bisa melemah?

4. Stres ternyata memicu turunnya daya ingat. Saya lantas mengingat-ingat lagi, kapan saya pernah stress berat hingga otak saya lemah. *mikir* Hmmm, memang sih tahun ini stress cukup tinggi karena skripsi, tapi skripsi udah selesai dan lulus dengan memuaskan meski bahasa Jepang yang saya pakai acak adut (sumpah, saya yakin dua ratus persen dosen saya nggak ngerti apa yang saya jelaskan, hihihi). Lalu stress apa lagi yang bikin otak saya belum bertambah cepat loadingnya? Apa kebanyakan virus-cowok-korea-yang-ganteng yang pada akhirnya menyumbat setiap sel di dalam otak saya ya? Hingga bebannya terlalu berat dan harus sesegera mungkin melakukan format ulang (tidakkkkk~ saya nggak mau otak saya diformat dari virus-cowok-korea-yang-ganteng).

Pada akhirnya saya lebih percaya bahwa alasan pertama-lah yang menguatkan saya mengalami kedodolan. Wong, saya lebih lama dan lebih pengalaman kejedut ketimbang makan junkfood yang baru saya tekuni sebagai hobi sejak 9 tahun terakhir.

40 comments:

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Infonya bangus banget nih...
baru tahu akronim balita..

yang jelas dengan membaca postingan ini penyakit telmi (telat mikir) saya dapat sedikit berkurang.

Rock said...

Makasih tips nya...

LL said...

Sippp...

-Gek- said...

Berhenti dounk neng makan junk food, okeh?
;)

Biar ga LOLA lagi.. (alias Loading Lama atao Loading Lambat) hihihi.

aaSlamDunk said...

wah... ternyata clara makanya banyak ya?
hehehehe
terlalu, kejedot berapa kali ni kok dibilang (sering?)

kang vip'84 said...

w0w,kebiasaan yg suka kejedut temb0k sering jg saya alami ;)
tp bukan l0la/telmi yg terjadi pada saya tuh sering lupa sm rumus2 yg dulu jd keahlian saya..
yg lbih parah lg saya sering lupa waktu hehehe...

info yg bgus,clara...
I like this...

Freya said...

sekarang saya tahu kenapa iq saya menurun.

Noor's blog (inside of me) said...

Hobby kok kejedut sih non...emangnye waktu bayi enyak kemane..? he..he

Elsa said...

masih sih kebanyakan kejedut jadi gegar otak trus makin lemot? kalo bayi liar cantik jelita kan harusnya kuat juga dong meskipun sering kejedut! hiihihhiih

mira said...

waduh, jangan2 aku lemot krn sering makan junkfood juga lagi?

p.s : udah aku follow dan link balik. makasi clara..

BrenciA KerenS said...

keseringan kejedut jd lucu ya km... *ngebayangin kepalamu bentuknya seperti apa ya keseringan kejedut*

eh ternyata multitasking bikin lemot ya.. doh, aku jugaa dong... *tepuk jidat*

Sang Cerpenis bercerita said...

masa sih bb bikin lemot? tapi kalo junk food emang asik sih. hehehe

Penikmat Buku said...

waduh...sama neh, aku juga lemot...dan kondisinya cocok banget semua alasan di atas...oh nooooo!!

Aditya's Blogsphere said...

untuk menajamkan kembali daya ingat biasanya aq membaca doa nur bu'at sebanyak mungkin habis itu minum suplemen dan mengasah otak dengan cara menghafalkan barisan kode javascript...setidaknya itu klo aq loh....

anindyarahadi said...

qiqiqiqiqiqiqi....


kok aku ngga ngerasa mbak clara lemooot ya?


eh kalo postingannya kemakan ngga bisa dibaca juga ngga apa-apa kok mbak, yang penting tanggung jawab.. ITU ITU!!! ITU DIA ANAKNYA MBAK!! KENAPA GAK DIAKUIN??? MENTANG2 BENTUKNYA TELUR BEBEK GITU. hahahahha.



aku juga dodol kok.. tapi hidup terus berlanjut (halah)

Munir Ardi said...

dodol lemot dan oneng kok bisa ngeblog dan menulis banyak karya-karya bagus ya? heran aku

Munir Ardi said...

selmat malam Clara apa kabarbaru bisa mampir lagi nih

RanggaGoBloG said...

untung saya gak punya blekveri dan g suka makan sampah... hihihihihihi

Rumah Ide dan Cerita said...

Wadoh kasian amat nasibmua waktu kecil ya Ra. Mungkin makan otak-otak bakal menambah perkasa otakmu. Ikan tenggirinya itu lho....

Pohonku Sepi Sendiri said...

wee, bisa lulus noken kok dibilang otak lemah.. hehe.. mungkin cuma karena kurang fokus ato konsen aja kok, clar..

kalo 'clara yg pandai bercerita' aja dibilang otak lemah, bagaimana denganku? *sedih*

APA KATAA DUNIIAAA?!?
*haalah, kumat lebaynya*

yanuar catur rastafara said...

makanya neng, jangan kebanyakan stress yah
hehehe
jangan pula streess yg dimakan
hehehehe
mari kita hapus otak celeron
hehehehe

Andie said...

gitu ya? ak kebanyakan main macbook pro sama iphone nih. *ngarep* hahahaha. :p

Desi Eria R. said...

Wah iya tuh kalo multitasking sering jadi lemot.
Jadi ga konsen ke semuanya heuheu.
Kamu hati-hati atuh clara biar ga makin sering kejedot hehe

Kang Sugeng said...

hahaha... hobby kejedut koq ya dipiara to Clara...
Btw, anyway, busway, overal bagus banget analisanya, terutama ya yg tentang kejedut tadi, hahaha....

JHONI said...

hm kayaknya emmang alasan yang pertama, soalnya sama ya kompi mini saya (laptop) keseringan kejedot...lama2 gak mau idup!!!! jadi kejedot dapat membahayakan masa depan anda....

belajar dari pengalaman neng clara.....qiqiqiqiqiqi

www.KANdaNGTips.bloGspot.Com said...

Wah..hal buruk itu memang harus dijauhi tuch!!

^pakSapi^ said...

jgn2 dah kecanduan kejedut nih ?

dwi wahyu arif nugroho said...

wah kykna aku alasan ketiga, tapi bukan karena BB juga,,
tp terlalu banya yg harus dikerjakan (multitasking) jadi bingun ndiri mo ngapain..
haahha

Ellious Grinsant said...

Emmmm... kalo terlalu ganteng termasuk dalam faktor juga nggak? hehehe...

attayaya said...

jika otaknya lemah, lakukan langkah berikut :
1. defrag otak seminggu sekali
2. pembersihan registri
3. pembersihan recycle bin
4. pembersihan virus, spam, dll
5. jiahahahahahaha....
6. matikan komputer, beristirahatlah

mc said...

alasan yg paling utama adalah, karena ente ngomong sama orang super duper over pinter, kek aku b-)

mc said...

uda bukan rahasia umum wkwkwkw

Ra-Kun said...

kebanyakan makan dodol bisa menyebabkab kentutyang tidak terkontrol,,,,

*hubungannya apa?*

nyepam ajah :D

vie_three said...

jiyakakakakak pasti kalau mbak clara minta saya yang jelasin terus gak paham2 gemes banget kali yak aq..... wekekekekekek

xenosphere.x3 said...

Penyebab loading lama tu kebanyakan gara bandwidth kecil, ato server down. Hehehehe... itu sih internet yak :D

Tapi, masak sih kebanyakan lemak bisa mengganggu konsentrasi? Bukannya otak itu juga dibentuk oleh lemak(selain bahan-bahan lain pembentuk sel-sel otak)--CMIIW. Apa mungkin yang dimaksud itu lemak-trans ya? Ato monosodium/mononatrium glutamat(MSG)yang--mungkin biasanya--ditambahkan ke dalam makanan cepat saji?

rezKY p-RA-tama said...

hahahahahah
becanda mbaknya ini,,kejedut adalah sebagian dari iman,hehe,,hahaha

achmad edi goenawan said...

orang lemot kok bisa tulis kayak gini, bagaimana tulisannya kalau normal bakalan wuusssss! Jempol buat kamu!

caca said...

infonya bagus... ^^

Shin-kun said...

kayaknya harus install ulang deh... hahaha...

Sari said...

Eh, aku juga sering dibilangin dodol lho...*bangga*
Tapi, kayaknya lebih karena sulit fokus aja, kata temenku (yang sirik sama aku pastinya) aku ini mengidap focus disorder ahakhakhak :P