Friday, November 6, 2009

Hanami

by : Clara
Jujur, saya lagi suntuk. Nggak tau kenapa kok ide di kepala rasanya campur aduk, nge-blank, tapi pengen nulis. Hahaha, bawaan dari sananya kali, ya, emang udah keseringan ngetik kalo di depan komputer (selain kerjaan sebagai full timer downloader). Lalu, saat saya lagi melihat-lihat koleksi tugas-tugas kuliah saya dulu (ceileee, gayanya udah kayak orang yang lulus 20 tahun lalu), saya bertemu dengan kata HANAMI. Dan nggak tau kenapa, saya akhirnya pengen aja mengulas Hanami di blog saya yang masih acak kadut ini. Mungkin beberapa ada yang sudah akrab dengan istilah ini.


Jadi, Hanami adalah salah satu kebudayaan yang juga terkenal di Jepang.


Apa itu Hanami?

Hanami atau ohanami itu sendiri kalau ditilik dari kanjinya 花見 merupakan kesatuan kanji bunga 花 dan melihat 見. Jadi secara umum diartikan juga dengan melihat bunga.

Di Jepang, bunga Sakura yang terkenal itu nggak mekar terus-menerus. Dia cuma berbunga dengan indahnya pada saat musim semi, yang jatuhnya sekitar bulan maret - april. Untuk itu, setiap sakura bermekaran, orang-orang Jepang akan berbondong-bondong pergi ke tempat dimana pohon sakura berdiri dan memamerkan warna pink yang dihasilkan si bunga sakura. Biasanya juga, orang-orang akan membawa keranjang berisi makanan dan juga sake (minuman arak khas Jepang) untuk disantap bersama di bawah pohon sakura itu. Yah, semacam piknik bersama keluarga atau bisa juga teman-teman dan juga rekan kantor. Tergantung situasi yang ada. Yang jelas, tempat untuk melihat pohon sakura, pada saat hanami pasti akan terisi penuh.


Katanya, sih, bunga sakura emang indah banget. Tapi saya nggak tau, ya, abis belum ada yang bayarin pergi ke Jepang, hihihi. Mau pergi sendiri, duitnya nggak ada. Kalau pun bisa terbang ke Jepang, nggak tau bagaimana nasib selama hidup di sana dan juga apa bisa pulang lagi ke Jakarta atau nggak (maksudnya, kali aja kecantol sama cowok Jepang yang trendy, mmwahahahaha...).

13 comments:

vie_three said...

walaaahhhh Hanami yak, aq tau tentang ini dari film Doraemon..... wkekekekekek

-Gek- said...

Hola Clara,
baru kemaren mau buat cerita tentang bunga sakura..
eh.. ada Hanami.. :)
Jd artinya Melihat sakura yahh??

INdah sekali..
(mupeng mode on)
AYO KE JEPANGGG....!!!

mocca_chi said...

pink?? buktinya ntu muka bunganya kok putih yak wkwkwk..

aku meihat bunga melati aja ah

Pohonku Sepi Sendiri said...

mauuu ke jepaaannnggg.. hihihi..
nice post clara.. ^^
lumayan jadi tambah 'ngompori' buat pergi kesana.. hahaha.. :D

ATA said...

Wah menurut saya bunga sakura itu ga seberapa,dibandingkan kecantikan yang punya blog,ya ga ?

attayaya said...

katanya bikin hati tenang ya

Munir Ardi said...

cantikan mana sakura dengan raflesia arnoldi (pura-pura bego)???

sibaho way said...

hanami kalo bahasa batak, kata palin halus untuk mengatakan 'kami' :)

btw, kenapa sakura ada di jepang doang yak

Clara said...

@vie_three: ah iya, hanami adanya di negaranya si doraemon sih

@Gek: mana cerita ttg sakuranya? hanami = melihat bunga

@mocca chi: kamu liat bunga bangkai aja, deh Xp

@pohon: ayoooo pergi ke Jepang...bayarin aku juga ya, pohon ^^

@Ata: *ngakak aja dah*

@attaya: kata siapa bikin hati tenang?

@Munir: cantikan bunga mawar, deh XD *nggak nyambung mode on*

@sibaho: mungkin karena org amrik waktu itu nda sempet bawa bibit sakura ke indo

Sang Cerpenis bercerita said...

aku juga blm pernah ke jepang nih. mau dong

Sang Cerpenis bercerita said...

aku juga blm pernah ke jepang nih. mau dong

yasuyassyash said...

berkunjung!!

ayo kita ke jepang pake pintu kemana sajam ehe..

Clara said...

@Mbak Fanny: Hahaha, aku juga mau mbak, apalagi kalo gratis. Ada yang mau sumbang tiket PP untuk kami?

@yasuyassyah: ayo...biar gratis pake pintu kemana aja ^^