Wednesday, November 18, 2009

Hidup Sehat? Olahraga!

Ternyata olahraga itu memang penting!
Tidak usah yang berat juga bukan masalah, yang penting badan gerak, keringat keluar. Rasanya sudah jauh lebih enak. Karena ketika kita hanya diam saja, tanpa beraktifitas, badan akan jadi kaku. Bahkan mungkin otot-ototnya berubah jadi alot hingga kalau digerakkan rasanya cepet capek. Juga kaku.

Dulu, masa SMA, saya ikut tergabung dalam ekskul yang cukup beken di sekolah. Cheerleading dan Paskibra. Bukan ketenaran yang saya cari dari sana. Tapi pertama adalah karena memang saya menyukai keduanya. Saya cinta dancing, dan juga saya kagum dengan pasukan baris berbaris yang mengibarkan bendera saat upacara, terutama 17 Agustus. Alasan kedua, saya yang dasarnya tidak pedean ini, pengin melatih rasa percaya diri itu. Paling nggak, ketika saya berada di depan umum, berjoget-joget atau saat berbaris membentuk formasi, semua akan melihat ke arah saya. Dengan begitu saya merasa berlatih untuk lebih percaya diri. Dan yang terakhir, kedua ekskul itu menguras tenaga! Ya, kan?

Coba bayangin, cheerleader harus loncat-loncat kesana-kemari, gendong orang di atas pundak, ngangkat orang (biasanya saya diangkat, tapi ini justru membuat saya ngeri sendiri. parno sama ketinggian) belum lagi lari-lari. Tau sendiri kalau nonton Bring It On! gimana? Hehehhe. Emang sih cheerleading saya nggak secanggih di film itu, tapi namanya cheerleader kan nggak ada yang namanya adegan berjalan lambat ala tari jaipong. Sementara dalam paskibra, kita juga butuh tenaga yang tidak biasa. Ehhh, sungguh loh. Jangan salah. Jangan dikira, “Ah paskib? Cuma baris-baris doing capek?” Loh, berdiri butuh energi. Kalau lemes, pasti kan bentuknya nggak bagus. Dan katanya, paskibraka di tingkat kecamatan, membutuhkan latihan fisik, minimal lari keliling lapangan 10 kali. Kalo saya nggak salah inget, tuh. Intinya, sih, semua aktifitas di atas membutuhkan fisik yang kuat. Dan latihan yang berat. Yang kalo nggak tahan, bisa frustasi lalu mutusin keluar.

Tapi, di sekolah saya dulu, kalo mau keluar dari paskibra harus membayar denda dengan sit up, push up, skot jump, masing-masing 100 kali. Atau lebih. Ngeri, kan? Saya sih mending bertahan, deh.

Nah, masalahnya, sekarang saya udah nggak ngelakuin semua aktivitas itu. Semua berhenti sejak saya merasakan nikmatnya kuliah. Praktis, saya nggak gerak sama sekali. Fitness pun nggak doyan deh. Alhasil, karena nggak pernah latihan lagi, badan saya pun kaku kalau disuruh dance (padahal saya cinta banget sama kegiatan yang satu ini). Diperparah lagi dengan nyaris tiga bulan ini. Saya nggak ada kegiatan dan praktis hanya diem di rumah. Nggak gerak. Kerjaannya cuma makan, duduk depan pc, tidur. Kalau jalan pun bukan olahraga. Tau apa akibatnya? Berat saya naik 3 kilo! Huhuhuhuhu….
Belum lagi, saban hari pas saya mencoba memulai dance lagi dengan mengikuti koreo yang sudah ada, saya langsung ngos-ngosan, perutnya pun sakit. Padahal saya cuma asal gerak. Nggak pake power yang istilahnya kalo di dance itu harus memakai tenaga setiap kali bergerak. Haiayaa….

Pantes aja, sekarang saya jalan dikit aja capek!
Semua karena emang nggak pernah olahraga. Kerjanya hanya nongkrong di depan computer yang udah kek pacar sendiri ini.

19 comments:

mx said...

mensanaenkorporesano :)

-Gek- said...

ho oh..
sampe posting 3x sehari, awas lupa makan Clar!

Masa2 SMA memang maniez, karena OLAHRAGA itu wajib, makanya aku kuruss banget waktu SMA.

Sekarang sih, masih kurus (dikit) ga kurusnya..... hmmm

*kabur*

Pohonku Sepi Sendiri said...

iya neh, ampe 3x sehari postingnya.. namanya juga pacaran ma komputer ya clar.. hihi..

tapi bener kok, harusnya disempetin olah raga loh.. ya minimal gerakkan badan ampe berkeringat lah.. masa ampe naek 3kg clar.. hehe..

padahal sebenernya baru 1,5 bln terakhir ini aku mencoba rutin running, ya krn kebutuhan fisik buat traveling jg seh.. hihi.. lumayan loh dah turun 10kg.. *hajar, hajar deh* hahaha..

nice post, clar.. :)

Clara said...

Hmmm, lagi berpikir, entah kenapa di 2 postku, Gek dan pohon selalu barengan nih komennya hihihihi *gosippp mode on*

@Gek dan Pohon : eh? apa aku hari ini posting 3x? kok aku sadarnya 2x ya? yg satu lagi apa?

Tuh kan sampe komennya aja sama XD
*kaburrrrr*

albertus goentoer tjahjadi said...

setuju banget mbak... olahraga itu emang bikin badan kita jadi sehat... sayangnya banyak orang yang hanya berhenti pada 'ingin' tanpa berusaha melakukannya dengan rutin termasuk aku ini...

Sang Cerpenis bercerita said...

saya cuma senam ringan tiap pagi. gak sampai keringetan bgt sih.

Munir Ardi said...

aduh ternyata jarang olahraga yah aduh nanti ndut seperti saya neng

Ateh75 said...

sama dong saya juga males olah raga ,kerjanya didepan kompiuter hehe..tapi tugas lain udah selesai dulu lho hehe..oh ya mba linknya saya add ya!

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Makasih banyak udah ngingetin..
aku izin dulu untuk berangkat Joging sore...

bhogey said...

olah raga jari, pijet2 balok huruf keyboard...
aku jarang olahraga tapi ya tetep kurusss :p

mocca_chi said...

makanya, cari pacarrrrrrrrrrr jangan cuman pacaran sama laptop, klo punya kan diajak paskibraka kalau minggu pagi, diajak larii.... *devil.mode.on*

mocca_chi said...

nah kan enak koment klo bgini, ga repots....

Ra-Kun said...

pacaran ma komputer....=_=?

aniwae, bener ituh. aktifitas fisik yang rutin emang penting. tapi aktifitas ngegodain junior di kampus juga gak kalah penting....

secangkir teh dan sekerat roti said...

tertawa adalah sebagian dari olahraga, bahkan bisa disamakan dengan berjalan sejauh (gak tau) kilo...

Penikmat Buku said...

jreng!! kesindir berat!! *gak pernah olahraga T_T

ninneta said...

hihihihihi..... rasanya sih dah niat... tapi begitu dah mau olahraga pasti langsung bikin alesan sendiri ya.... huhuhuhu.... SAMA DONG....

ivan kavalera said...

met malam, mbak Clara

Itik Bali said...

Aku suka olah raga,
dan sekarang yang paling banyak aku lakukan sih basket aja
lumayan kok mbak
selain menurunkan berat badan
rasanya seger kalo abis olah raga

Panah Hujan, inc. said...

Haha. Tul betul... cari pacar anak paskibra+dance aja, Neng :p