Sunday, November 8, 2009

Indonesian Book Fair 2009

by: Clara



Kemaren, bertempat di Balai Sidang JCC, Senayan, Jakarta, telah berlangsung acara salah satunya adalah Book Fair ini. Sebenarnya ada juga pameran teknologi (IndoComtech 2009) dan juga Travel. yang bisa dikunjungi (tapi kebetulan saya hanya mengunjungi hall book fair). Acara besar yang berlangsung sejak tanggal 4 - 8 November 2009 ini ternyata mendatangkan banyak sekali pengunjung. Saya juga nggak ketinggalan untuk menjadi salah satu pengunjung yang special datang demi berebut membeli satu dua buku yang sudah berlabel diskon XD








Jadi, hari Sabtu itu, saya berangkat dari rumah agak siang. Tau sih, kalau hari Sabtu acara seperti itu pasti akan kebanjiran pengunjung, tapi mau gimana lagi. Bisa nya, ya hari itu aja. Jadi meskipun padat, saya tetap nekat datang. Dan benar saja, parkiran luar biasa ramai. Apalagi ditambah ada acara lain, yaitu konser musik yang diselenggarakan oleh sebuah produk sabun muka. Ada beberapa artis yang hadir. Mungkin itu juga penyebab semakin membludaknya kendaraan yang tumpah di daerah Senayan.







Karena tahun lalu saya juga pernah datang, saya pun langsung menuju lokasi, dan langsung main masuk aja ke hallnya. Eits, tapi saya dicegat sama satpam di depan pintu masuk. "Mana tiketnya, Mbak?" katanya gitu. Saya bingung. Tahun kemaren aja, yang masuk pake tiket cuma bagian teknologi, kenapa sekarang Book Fair juga pake tiket? Akhirnya saya urung masuk (wong, nggak boleh masuk kalo nggak ada tiket, hahaha). Saya pergi ke loket untuk membeli tiket untuk masuk pameran buku itu. Untung cuma 5 ribu. Hehehe, jadi saya nggak masalah. Apalagi ternyata, tiket itu bisa ditukarkan dengan minuman. Lumayan, baru datang, belom liat-liat buku udah neguk minuman dulu.



Setelah puas minum, akhirnya perjalanan menjelajah satu per satu stand penerbit pun saya lakukan bersama kawan saya. Padatnya tempat itu dengan ribuan manusia, membuat saya yang agak-agak menderita kelainan soal rame (kalo di tengah keramaian pasti lebih cepet pusing dan nggak betah), memilih bergerak cepat mencari buku yang saya mau. Maksudnya biar cepet pulang juga. Tapi ternyata cari bukunya agak susah. Udah gitu, keliatannya ngga semua buku di bawa masuk ke dalam label diskon di sana. Jadinya, saya cuma keliling-keliling, tanpa tau mau beli buku apa. Untung sih, saya nemu Harlequin dengan harga 13 ribu sajahhh, dan juga buku Danielle Steel dengan harga 10 ribu! Wow. Yah, melihat harga semiring itu, apalagi untuk buku, langsung deh saya sabet. Saya bawa ke kasir, maksudnya. Tadinya juga mau beli komik, karena 8 biji cuma 40 ribu. Tapi liat novel udah banyak kebeli (si harlequin edisi jadul keknya) dan duit yang dibawa cuma pas-pasan, ya terpaksa saya singkirin itu komik. Padahal saya suka covernya yang keliatan manis T^T



Nah, pas lagi jalan-jalan lagi, saya kebetulan melewati panggung yang biasa emang terletak di sudut hall. Tahukah sapa yang saya liat? Para pemain SANG PEMIMPI!! Astaga! Ada Andrea Hirata juga! Yak ampunnnn~ Saya langsung panik. Pengin minta tanda tangan (liat, udik dan noraknya keluar, deh) tapi saya nggak bawa satu pun buku Andrea. Lagian saya nggak tau kalau bakalan ada dia di sana T^T sebellll~ Akhirnya apa yang bisa saya dapet? Cuma poto dari jarak jauh...T^T yah, yang penting saya pernah lihat sendiri deh Andrea Hirata itu kayak gimana orangnya. Meski di tipi sih udah liat, cuma kan kalo liat yang aseli rasanya gimanaaaa, gitu.


Tadinya juga mau minta poto bareng, biar keliatan nyatanya kalo saya pernah ketemu dia, tapi si penulis beken itu lagi sibuk meladeni tanda tangan dan begitu selesai langsung buru-buru ditarik untuk ke dalam. Yah sudah~



Akhirnya perjalanan dilanjutkan kembali dengan jalan-jalan aja. Lihat-lihat buku lagi, mikir-mikir lagi mau beli buku apa. Akhirnya selain Harlequin dan Danielle Steel yang murah sekali itu, saya cuma beli novel L karya Kristy Nelwan. Nggak tau kenapa mau beli novel itu, tapi yang jelas saya tertarik covernya. Katanya sih, bagus~



Selesai sudah belanja-belanjanya. Dilanjutkan dengan makan-makan yang mendapat traktiran khusus dari seseorang bernama Yozar Amru, penulis Cewek-cewek Kos dan Ikatan Setan: Boneka Pembawa Sial. Konon katanya dia, traktiran habis ultah. Hihihi, makasih ya 'Ru. Balasan traktirannya, saya promosoin novelmu.



Ayo, dibeli-dibeli, dua novel berjudul seperti di atas.


Kesimpulan dan pendapat pribadi:
Saya lebih senang dengan pameran tahun kemaren. Nggak tau kenapa rasanya ada yang kurang di pameran kali ini. Bukunya kurang lengkap, atau kehabisan stock, saya juga kurang tahu. Tapi yang jelas, saya mendukung 100000% acara ini ditayangkan tiap tahun. Kalo perlu setahun dua kali. Hehehe.


Note:
Tadi, pas saya liat tipi, ada berita kalau di beberapa tempat di daerah Indonesia sedang kena krisis air bersih. Semoga cepet-cepet bisa kembali mendapatkan air bersih.




















18 comments:

Erik said...

Wah, asyik nih dapat berkunjung ke pameran buku yang besar. Kalau ada pameran buku di kota saya, saya juga menyempatkan diri mengunjunginya. Suka ada diskonnya memang. Sayang acara itu belum tenetu ada setiap tahunnya.

Salam kenal juga Clara :)

-Gek- said...

Di Bali kapan ya Clara?
Kalo di sini (Aussie) cari buku diskon guampang pol!
Cuman saya sering bersin2, karena debunya ketebelan.. hih hih hih...

Eits, titip alam atuh, ma Andrea Hirata....

Pohonku Sepi Sendiri said...

wah, senangnya.. ^^
pengen dateng di pameran buku yg besar2an kek gitu, tapi nggak ada.. apalagi kalo ada komik2, fiuh2.. :)

Clara said...

@Erik: salam kenal juga. mudah"an acara ini terus"an berjalan tiap taun. hihihi.

@Gek: Di Bali? Aku kurang tau, Gek. tapi katanya mocca chi di Bali udah ada toko buku diskon ya? nggak perlu ada acara diskon gede"an lagi dong, :p

@Pohon: dateng ke JCC aja, pohon, hihihi...komiknya kemaren banyak sekali lohhh~

Bahauddin Amyasi said...

Andai tahu dari dulu, aku kan bisa titip novel, Clara? hehe...

Salam semangat!

Sang Cerpenis bercerita said...

saya blm pernah ke acara spt ini krn gak tahan ramenya. lagipula buku2 yg didiskon kdg bukan buku2 yg bagus banget.

Munir Ardi said...

aduh ini ngerti bahasa sendiri kaalu pameran buku pasti seru deh apalagi lhat dan ketemu orang terkenal wih seru banget

sibaho way said...

doyan baca buku tapi gak suka ke pameran buku :P

-Gek- said...

eh.. iya Clara.. udah ada. hehe, tapi ga lengkap lah.. toko bukunya kayak toko buku kelontongan gitu, (bunyi klonteng-klonteng, disertai bersin2 saya karena debu! sigh!)

Haha, boleh dipinjem sepedaku Clar, cumaa.. jemput dulu dia di RS ya.. jalan kaki dulu, 4 km aja dahhhhh

(hukssss...!!!) (T.T)

duniaira.blogspot said...

aku baru sempat liat hari minggu ini dan tau nggak ramenya.......Minta ampun!!!!! sama sekali nggak nyamanDan akhirnya aku memutuskan keluar dan hanya bertahan setengah jam di dalam!!! abis rame banget!!!!!!jadi sedih nggak bisa ketemu ANdrea Hirata....

xenosapien said...

Wah, Kurara jadi ke book fair. Hiks, jadi iri :(

Jokostt said...

Seneng, ya Mbak bisa ngunjungi pameran buku apalagi bisa ketemua Andrea Hirata?
Pameran buku, sih sering ada di kota2 lain tapi bisa ketemua sang penulis sekelas Andre Hirata, ini yang susah. He... He...

Quinie said...

morning mba clara.
hihih.. pagi2 udah mampir ke tempat sayah :D.

hm.. sayah ga dateng pas pameran ini, ga sempet euy.
btw, bukan karena kurang stok kali mba, tapi dikau kan datengnya udah H-2 jadi ya tinggal sisa2nya ajah.

btw, dikau tinggal dimanah sih? kapan2 kita kopdaran ya :) ^^

Clara said...

@ Quinie : kopdaran boleh banget, mbak, hihihi, belom pernah kopdar sama blogger >.<

@ Jokost : betul, mas. susah ketemu andrea hirata, sekalinya ketemu saya nggak beruntung *kurang*

@ duniaira : iya, hari minggu pasti rame mbak, makanya saya dateng sabtu *apa bedanya coba?*

@ Gek : kalo gitu belanjanya pake masker. hihihi, disuruh jalan kaki 4 km? aku jalan 100 meter aja capek *anak males*

@ Munir : betul sekali, ketemu org tenar pasti emg seru

@ Mbak Fanny : tapi buku HOst-nya stepanie meyer ada diskon loh, mbak. Lumayan kan?

@ Bahaudin : lebih enak datang sendiri, mas. Lebih afdol. ^^

Linda Belle said...

paling males kesitu krn rame bgt, enakan klo gramedia diskonan nah itu baru dtg deh hehehe...

menunggu dgn tidak sabar, diskonan gramedia di bandung akhir november hhmmm

mc said...

nape bsa ketemu amru disana? anehhhh

Clara said...

@Linda: kalo diskon gramed di bdg emang berapa? hiiii, jadi pengen >.<

@mc: iya bisa dong, kan janjian wkwkwkwkkw

Ellious Grinsant said...

Ditayangkan?