Tuesday, January 19, 2010

Seperti Menghilang

by : Clara

"Dua mata saya, hidung saya satu, dua kaki saya, pakai sepatu baru..."

Itu dia cuplikan sebuah lagu anak-anak yang kebetulan tadi pagi terdengar dari sebuah taman kanak-kanak. Lagu yang riang dan sangat khas anak-anak karena memberikan sebuah pelajaran mengenai pengenalan anggota-anggota tubuh. Lucu banget denger lagu ini, jadi serasa kembali jadi anak TK *berimajinasi sendiri*

Jaman saya waktu SD, bukan saja hanya lagu ini yang populer. Ada beraneka ragam lagu anak-anak seperti Si Jago Mogok, Abang Tukang Bakso, Aku Cinta Rupiah, dll. Dan yang mempopulerkannya juga banyak, seperti Trio Kwek-Kwek, Cindy Cenora, Cikita Maidy, Joshua, Melisa terus siapa lagi, ya? Namun, segelintir penyanyi anak-anak yang namanya pernah meroket itu, kini menghilang. Seolah tenggelam oleh usia mereka yang lambat laun terus bertambah.

Dimana mereka sekarang?

Namun yang paling ironis, bukan saja penyanyinya yang kini hilang, tapi lagu anak-anak pun juga seolah tenggelam dimakan jaman dan trend yang menjamur. Kemana, sih lagu anak-anak?
Saya sedikit kecewa ketika menonton sebuah tayangan lomba menyanyi yang diadakan khusus untuk anak-anak. Mereka masih polos dan seharusnya belum mengenal apa itu cinta, tapi mereka menyanyikan lagu dengan tema cinta. Gaya mereka bernyanyi pun ditularkan oleh penyanyi-penyanyi yang tidak seusia dengan mereka, sehingga membuat mereka mengalami penuaan dini. Sangat disayangkan. Tapi, mau bagaimana lagi?

Tidak ada penyanyi anak-anak yang lagunya populer seperti dulu lagi.


Salam
(>.^)v







31 comments:

SeNjA said...

pertamaaaxxxxx

SeNjA said...

yeessss,...akhirnya dapet pertamaxx juga di rumahnya clara ^^

SeNjA said...

yesss,...amankan ketiga dulu ahhhhh...baru baca....

SeNjA said...

benar,..lagu anak2 yang ceria dan ringan dinyanyikan kini tak ada lagi.
anak2 TK pun kini menyanyikan lagu2 dewasa *_*

SeNjA said...

kasihan sekali anak2 dan adik2 kecil kita ya,...mereka benar2 kkeurangan lagu anak-anak yg ceria dan menyenangkan itu...

selamat malam clara ^^

miwwa said...

bener banget clara!! sekarang kontes penyanyi cilik lagu nya cinta-cintaan mulu. tapi bukan salah mereka, negeri ini memang kekurangan pengarang lagu anak-anak. hiks, Papa T.Bob mana ya??
p.s: kangen Tri Kwek-Kwek!!! >,<

Aulawi Ahmad said...

ironis memang, gak tau juga knp lagu anak2 gak bisa seheboh dulu....hmmmm

Pandu said...

bener...
anak TK aja dah nyanyo lagu pop cinta...
sedih rasanya...

Kang Sugeng said...

Kalo jaman Kang Sugeng dulu yg terkenal lagunya dangdut yg 'Akulah Pangeran dangdut' yg nyanyi lupa, anaknya udah meninggal juga.

Skrg anak2 sukanya sama Kangen Band, Wali dkk.

-Gek- said...

Iya nih Clar.. jadi kangen banget sama lagu2 anak2 yg lucu-lucu waktu jaman aku kecil dulu..

Gimana kalo kita kolaborasi menciptakan lagu anak2 Clar..??

*jitak

Laksamana Embun said...

Dulu kita mengenal Joshua dan Tina toon..
Saya pun sedikit heran dengan acara itu, tpi bgaimana pun Mudah2an dampak positivenya lbh besar daripada negativenya

Pohonku Sepi Sendiri said...

waks.. senja langsung ambil lima lapak.. mantabh.. hehe..

anak2 mengalami 'penuaaan dini'? suka dgn pemakaian kata itu..

tapi memang sepertinya sekarang ini kurang banget ya lagu2 anak yang terdengar.. ato memang orang tuanya lebih suka anaknya mbawain lagu cinta2an ya?

Sari said...

Aku juga prhatin nih sama lagu yang di nyanyiin anak2 jaman sekarang. Kesannya dipaksa dewasa. Sekalinya ada penyanyi cilik, dandanannya ga nature *sigh*

harto said...

yaaa begitulah kehidupan dunia, kalo masalah lagu sekarang anak2 lebih cepat hafal lagu2 yang sedang hits sekarang (apalagi lagu yang cinta2an) dari pada orang tuanya & kalo disuruh nyanyi lagu2 jamannya orang tua kita dulu ga bakalan tau n g cepet hapal bisa2 dibilang jadul.

Seiri Hanako said...

rindu masa kecilku.....

yang hilang ditelan waktu...

.:diah:. said...

iyah, bener banget tuuh.. gk ada lagu anak2 lagi, dan mungkin seandainya gk ada TK *kemungkinan besar mereka gk tau lagi tuh lagu2 spt balonku, dua mata, de el el

secara skrg anak2 pada seneng lagu menye-menye cintacintaan milik band2 ituuuww,, huhuhuhh, sungguh disayangkan..

anyway, salam knal yaA :)

Elsa said...

yang ada si Umay sama si Amel SSTI itu... semoga mereka berdua bisa mengembalikan kejayaan lagu anak-anak jamannya Enno Lerian dulu

anyin said...

iya tuh... masa mereka bisa hapal.. ooo kamu ketauan, pacaran lagi.. iiihhhhhhh..


nyanyi si komo aja deh mending mereka

Syifa Ahira said...

memang memprihatikankan ya mba.. anak2 memang cepat sekali menghapal lagu2 cinta yang sekarang banyak beredar.. tanya kenapa?

salah produser musikkah yang tidak lagi memproduksi lagu anak2 nan ceria, atau salah anak2 nya? :)

nuansa pena said...

yaa sangat disayangkan lomba untuk anak-anak, tapi lagu dewasa yang dinyanyikan! Bukan salah anak-anak, penyelenggarnya mestinya memfilternya!

Noor's blog said...

Saya juga suka menonton acara yang dibawakan si Choki itu, sepintas ada rasa kagum sama anak2 yang begitu pandai mengingat/menghapal lagu tapi juga sekaligus risih karena lagu2 itu lagu orang dewasa...sayang sekali...

ninneta said...

Salam sobat, datang mempererat silaturahmi... maaf baru mampir lagi... kesehatan memburuk baru membaik... Semoga selalu dalam kebahagiaan...

Ninneta

attayaya said...

lagu anak2 yang telah tergerus oleh zaman komersialisasi dan kebutuhan pasar yang didesak oleh nafsu serakah produser diiringi dengan kebejatan para distributor.

berkuranglah kebahagiaan anak-anak untuk mendengar lagu yang pantas bagi mereka

mirisnya melihat anak umur 6 tahun menyanyikan lagu percintaan peterpan, wali, melly,
hmmmm........

alfi said...

ad awrd tuch untuk kamu..
jngan lpa diambil y..

mocca_chi said...

iye clar, cindy cenora yg cinta rupiah uda ga ada. ak aj lupa namanya klo ga ente yg tulis diatas :P

Desi Eria R. said...

Iya bener, macam idola cilik gitu anak2nya nyanyi lagu cinta-cintaan, menyedihkan.
Bahkan ank cilik yg anaknya ahmad dani itu jg lagunya cinta2an, sedih yaaa clara.

AKu dulu paling suka sama lagu abang tukang baso hehe

rizal said...

anak-anak sekarang lebih suka lagu orang dewasa, karena tidak ada lagi yang memprodksi lagu khusus buat anak-anak

Ellious Grinsant said...

bener clar... jaman sudah berubah. jaman dulu lagu anak-anak bertebaran dimana-mana... sekarang?

Shin-kun said...

Kreatifitas yang mandeg, ato kepedulian yang kurang?, ato pencipta lagu anak2 memang udah punah?... *sigh*... . Shin-kun pernah gak sengaja liat di sebuah stasiun TV, lomba lagu anak2 juga, ada anak cowok nyanyi lagunya es teh 2 gelas, deuhhh... gak pantes banget...

albertus goentoer tjahjadi said...

yuk... ikutan bikin lirik untuk lagu anak-anak... siapa tahu ada musisi yang mau bikin musiknya....

xenosphere.x3 said...

Penyanyi yang kamu sebutin di atas dah pada gede semua, Kurara.^^'

Mungkin 'hilang'nya penyanyi cilik dengan lagu2 cilik mereka hanya karena masalah pasar. Ini cuma mungkin lho :P

Semoga nanti pera penyanyi cilik muncul lagi di belantika musik Indonesia dengan lagu2 yang sesuai dengan umur mereka, dan banyak orang yang bisa menghargai mereka.