Thursday, January 21, 2010

Tips Shopping On Line

by : Clara
Jujur, sebenernya secara pribadi sih, saya kurang suka belanja baju. Hehe, apa, ya? Mungkin karena capek jalan-jalannya, milih-milihnya, nawar-nawarnya. Tapi, saya juga cukup menikmati kalau sedang sibuk memilih baju yang paling bagus dan sesuai selera saya. Asal, ya itu, jangan kelamaan. Capek! Padahal tempat favorit saya kalau belanja baju, bukan di mall, melainkan di ITC. Soalnya selain harganya lebih terjangkau, pilihannya juga cukup banyak dan modelnya nggak beda jauh sama yang ada di mall. Makanya saya agak heran aja, kalau sampai ada yang betah berlama-lama belanja di mall. Buat saya, mall cuma berfungsi sebagai tempat nonton (yang menyediakan XXI atau Blitz), tempat makan, tempat ngobrol-ngobrol sama temen dan juga yang nggak boleh ketinggalan, tempat cari buku!

Saya jadi inget, waktu itu pernah janjian dengan teman saya di mall dan hanya untuk makan di Sushi Tei. Kita nggak pesen banyak makanan, cuma beberapa macam sushi dan segelas ocha dingin, tapi dong, kita nongkrong dari siang sampe menjelang malam. Hihahaha...nggak tau diri MODE ON. Tapi, mau gimana lagi, tempatnya cozy banget, enak buat ngobrol sama temen lama. Lalu sempet foto-foto dikit ... PS: foto tidak dipublikasikan dan hanya untuk data pribadi *halah*

Balik lagi soal belanja. Untuk tipikal anak rumahan yang malasnya minta ampun seperti saya ini, saya punya solusi yang tepat untuk tetap berbelanja tapi nggak perlu capek-capek keliling. Yaitu dengan media internet aka Shopping On-Line.

Sekarang sudah begitu menjamur yang namanya butik-butik membuka dagangan mereka melalui media internet ini. Kecanggihan internet dalam menyampaikan informasi dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk mempromosikan dagangan mereka, hingga ke pelosok negri. Banyak tempat yang bisa dilakukan untuk promosi. Contohnya blog atau pun situs jejaring pertemanan seperti Facebook. Saya pribadi nggak sesering itu belanja lewat media yang satu ini, karena masalah pengiriman barangnya. Tapi saya cukup menyukai cara berbelanja seperti ini. Praktis dan simpel.

Namun, tetap ada beberapa tips yang harus diperhatikan ketika kita memutuskan untuk berbelanja via internet ini, berdasar pengalaman dan sharing dengan teman.

1. Perhatikan situs tempat berbelanja. Bagaimana respon para pembeli? Apakah banyak yang menyukai situs tersebut? Apakah ada komentar yang tidak enak? Apakah bajunya keasinan? *digaplok pake celurit*

2. Tanya-tanya soal asal usul si baju yang jadi inceranmu sama si pemilik toko. Bagaimana profilnya? Berapa lama pembuatannya? Bagaimana warnanya? Apa bisa diganti kalo ternyata ada bagian yang bolong?

3. Perhatikan juga tata cara pemesanan. Jangan sampai kamu salah transfer atau malah nggak tau si toko on-line itu berlokasi dimana. Hati-hati dengan promosi yang menipu.

4. Pastikan sekali lagi kalau ukuran, fabric yang digunakan, dan model barang yang kamu pesan itu sesuai dengan keinginanmu. Kalau perlu kamu pake meteran bangunan untuk mengukur panjang dan lebar yang diinginkan agar tidak menyesal ketika barang sampai di tujuan.

5. Jangan sampai kamu salah kirim data kamu. Alamat harus yang sejelas-jelasnya. Jangan membuat pusing tukang pos. Kasihan. Lagi pula, nanti kalo alamatnya salah, barangmu nggak nyampe ke tempat.

6. Keep in touch eh maksudnya keep contact dengan si pemilik toko on-line. Rajin-rajin bertanya padanya kalau kamu nggak mau tersesat di jalan.

7. Pilihan untuk bayar bisa juga menggunakan cash, kalau memang kalian satu lokasi. Yah, kalau takut dengan via transfer mungkin via cash salah satu jalan terbaiknya. Tapi, kalau beda lokasi, mau nggak mau transfer, kecuali kamu ada niat mau jalan-jalan ke lokasi si pemilik toko. Dan buat kamu yang takut ketauan tampang aslinya saat bayar cash, mungkin bisa menggunakan beberapa jenis topeng yang sudah banyak dijual di pasaran. Atau mau pinjem punya Mas Didik Ninik Towok?

8. Ada lagi nih, kalau kamu mau menghemat shipping fee-nya (halah, sok inggris, bilang aja ongkos kirim aka ongkir, hehehe), kamu bisa sharing alamat dengan temanmu. Jadi, bujuk rayu setan kepada temanmu untuk ikut juga membeli baju yang kamu mau dan kemudian pakai satu alamat, misal: alamat rumah Om kamu. Nah, dengan demikian, biaya kirim akan kamu tanggung bersama. Jadi, kan lebih irit.

9. Kalau ada yang punya tips juga bisa di sharing ke saya, soalnya selama saya pengangguran saya mau belanja via internet yang banyak. Hehehe.

10. Sekian tips dari saya.

Tapi, saya nggak akan kasih tips juga kok. Ada cerita sukses di balik tips itu. Jadi begini, tahun lalu, saya melihat sebuah iklan di facebook yang menjual baju Super Junior. Saya lihat modelnya bagus dan dengan semangat '45 saya add dia sebagai kawan. Lalu saya juga add YM-nya, juga kirim SMS (udah kayak mau neror dia, deh). Saya tanya-tanya dulu sebelum membeli. Lalu setelah hasil diskusi yang terjadi, saya pun setujuh. Saya juga mengikuti instruksinya untuk melakukan transfer biaya pembuatan si baju. Dan saya juga nggak jarang ber-SMS ria dengannya untuk kelancaran si baju sampai ke rumah saya.

Dan...TARAAA....!!

Baju saya sampai ke rumah dengan selamat. Kemarin siang, diantar sama Pak Pos. Ini dia bajunya.
tampak depan dan belakang



Ternyata nggak cuma itu. Pas buka plastik bajunya, saya mendapat bonus stiker yang
langsung saya tempel di laptop. Maksudnya, biar ketika buka laptop saya akan teringat terus sama Super Junior *halah* Ini dia stikernya :



Dan mudah-mudahan, kalau nggak ada halangan, baju ini akan saya pakai sewaktu menghadiri acara Sparkling Korea yang diadakan bulan Februari nanti.

Sekian dulu dari saya.

Salam selalu
(>.^)v

39 comments:

Itik Bali said...

Emang sih, belanja online kadang menggiurkan
karena, selain desainnya bagus
juga ekslusif
cuman aku sendiri belum pernah belanja online
tips ini sangat berguna
thanks ya mba Uya

eh aku udah baca Autumn Christmas lho
salam buat Ringo ya..
he..he

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
wah makin siip nich..dengan shooping online jadi lebih efektif ya..good luck

harto said...

waaah kalo saya mah belum pernah tuh pesan2 barang via online, masih sangsi khawatir g sesuai sama keinginan. tapi kalo beli ebook2 sering juga cuma saya lihat dulu n survei dulu kebenarannya biasanya kalo dah Ok n dah trans sesuai dengan harganya baru dikirim via email.
Trims yaa atas tips2nya sangat membantu. sukses selalu n tetap semangat.

zujoe said...

shopping online emang aman koq, kecuali kalo toko onlinenya ga nyediain contact dan CS yang bener...

Syifa Ahira said...

aku lebih suka belanja buku daripada belanja yang lain2 mba.. :)
tipsnya oke mba, kalo aku belanja online, aku praktek-in deh..

indrahuazumenggonggong said...

Dah sering juga belanja online..
Tp trnyata lebih puas gak belanja,tp bikin sendiri.he

ateh75 said...

Sip..kalo gitu mba Clara belanja onlinennya kesaya aja ya, saya rencana buka toko online.

Kang Sugeng said...

hahaha... tipsnya keren, bajunya keren yg nulis apalagi, kweren abiz, hehee....

tp ya masa' baju bisa keasinan juga, abis di pake Clara kale ya, hahahaha.... piss...

mocca_chi said...

ckk ckk ckk......
khuyhun mulu mah, bosen aku dengernya >.<

Aulawi Ahmad said...

wah kalau butuh design baju boleh pesen ke aku hihihihi, btw tq tipsnya (jadiin buku kalau perlu) :)

Elsa said...

hitam... emang gak ada matinye!!!

Henny Y.Wijaya said...

sama nih, berhubung jarang belanja baju, jadinya suka shopping online aja, selain baju juga sering order buku. udah sering kok, alhamdulillah selama ini ga ada masalah.
makasih tipsnya clar!

Ahmad Ramadani said...

kemaren saya baru beli baju online juga..
he..he.. nice post.

nuansa pena said...

Asyik memang belanja online, selama ini saya juga melakukannya gak ada masalah, malah lebih murah dan gak ribet!

Noor's blog said...

Wah...bang Pendi mah paling kagak suka belanja non, apalagi ke Mall. Habis capek sih...kalo sampai ke Mall suka banyak yang minta tanda tangan..wekekekkkk..!!

Tapi tipsnya oke banget, patut dicoba nih !

Otak Cutbray said...

Great tips ra....
kayanya lo berbakat buat bikin toko online, dah ngerti sela-sela nya ya :P

Freya said...

aku mau buat loh. tapi masih berbentuk konsep hehehe. nti clara beli di butikku yah hohoho

Fanda said...

Wah klo beli baju online kan ga bisa dicoba? Justru aku suka bongkar2 di kotak barang2 diskon di mal. Seneng banget klo nemu baju bagus harga miring. Trs setlh melihat2 seputar toko, dan menemukan beberapa potong baju, baru menuju ke kamar pas dan dicobain semua, baru dipilih mana yg paling suka.

attayaya said...

aku seeeh pengen blanja online sambil jalan-jalan di mall
bisa ga ya?

myvipdb said...

nice share..
btw,yg bwt cwo ad gag yah??
*naksir juga*

o..ya thank's dah di app..

mav bru muncul,coz modem rusak hehe..

myvipdb said...

nice share..
btw,yg bwt cwo ad gag yah??
*naksir juga*

o..ya thank's dah di app..

mav bru muncul,coz modem rusak hehe..

DeWi PemiMpi said...

Super junior apaan clar???aku sich termasuk pecinta shoping online, apalg pas tinggal di jepang-ga bnyk wktu buat jalan2 sichhh...dari laptop-hp-baju-jam tangan semua dari internet. thx tips nya ya!!!!

yuda said...

Jadi pengen belanja online nih...

Habisnya aku gag pernah belanja online nih, clara...

btw mutu barangnya bagus gag yak???

takutnya sih kayak barang yang dibeli lewat katalog gitu.

Di katalog bagus, eh barangnya amburadul.

hahaha...

anyin said...

aku udah pernah belanja onlen, tapi tas sih.. baju belom pernah.. temenku yang udah pernah.. dan emang kayak fotonya. aku belanja onlen atau katalog takutnya cuma satu : bajunya ngga pas.. kependekan, kekecilan, kebesaran gt deh.. kan ukuran beda2.. aku pernah beli satu dress SM.. huhu T___T gak pas. mending nyari sendiri aja.

Cerita Inspirasi said...

mantaaaap... kebetulan lagi rencana mo bikin online shop nih, he..he.. jadi dapet 'suara pelanggan' nih.. thanks yah..

SeNjA said...

wahhh,tips OK banget clara...karena aku jg termasuk suka belanja online kalo ada yg memang aku suka bgt. meskipun aku budget untuk belanja online gak mau yg terlalu mahal...kalo model,atau size nya g pas g terlalu BT.

kalo mau yg mahal,langsung aja ke mall...lebih puas kan,dipegang dulu,dipandang dulu ,di coba hihihi....

beberpa kalo belanja online ,blm pernha sih merasa kecewa. mksh y tips nya ^^

Pohonku Sepi Sendiri said...

hehe.. suka warna item clar?

yg paling penting seh utk blanja online adalah kepercayaan.. spt tips dari clara utk yg tanya2 dulu ato keep in touch, salah satu hal yg bisa digunakan utk membangun hal tersebut.. kalopun masih ragu, pas nemuin situs blanja online.. coba aja googling tu namanya, sapa tau ngebantu buat cari infonya..

karena aku dasarnya pemalas, sering juga nglakuin blanja via online.. hehehe.. selama ini lancar2 aja, bahkan tak jarang pas barang nggak cocok aku kembaliin trus duitnya tetap ditransfer balik..

nice tips, clar.. :)

albertus goentoer tjahjadi said...

tips-tipsnya emang pas banget mbak... makasih ya...

Shin-kun said...

Waaah, boleh dicoba neh, Kurara-chan, tau situs yang jualan DVD PS 3 tidak?, hihihihi...

ratna wulandari said...

posting ttg shopping online nya kumplit bgt clara

sip pokoknya mah..^_^

dwi wahyu arif nugroho said...

siip
patut dicoba :D
maksih mbak^^

attayaya said...

abis jalan ke mol
aku jalan kemari

Cix said...

Aneyong ... Mbx Clara
Fiuh baru sempet mampir lagi
Hhii.. kok sama y, kbetulan aq jga lagi sibug shopping online
tapi untuk hunting pilem-pilem dvd ama vcd
*gubrak*

Btw Suju I love it.*berdo'a supaya mrk beneran mau dtg dan konser di indonesia* :D

Bintang said...

aku tuh paling suka yang namanya shopping..pengen juga sih belanja online..tapi takuttttt...gak sesuai dengan kenyataan...

caca said...

tipsnya bagus nih... aku tuh blm pernah shopping online... soalnya... pada mahal2... mangkanya aku mau bikin fashion blog jilbab tapi yang murah2... hihihih.... tapi sebenernya aku suka beli baju second-an... hehhee

xenosphere.x3 said...

Duh, yang baru dapet baju baru nih :P
Btw, sampai sekarang aku masih kurang suka belanja online.

Munir ardi said...

Aku mau coba juga belanja online ah

Munir ardi said...

Memang tambah canggih ya sekarang bisa belanja tanpa meninggalkan rumah

Aulawi Ahmad said...

design kaos yg mana clara, yg bintang apa yang tulisan doang :)